Mendagri Dorong Sengketa Pilkada Berlangsung Singkat

Mendagri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengapresiasi pelaksanaan Pilkada serentak 2015 yang berlangsung aman, damai dan lancar. Namun Tjahjo juga menyoroti pentingnya perhatian terhadap finalisasi penghitungan akhir, pengumuman pemenang Pilkada serentak, serta hasil sengketa Pilkada.

KPUD DKI Akui Syarat Jalur Independen Sulit

"Kalau ada pengaduan, ini masih kita cermati dan semua pihak tentunya menjaga hasil akhir tersebut," kata Tjahjo melalui pesan singkatnya, Kamis 10 Desember 2015.

Tjahjo mengatakan, berdasarkan evaluasi sementara, yang perlu mendapatkan perhatian adalah masalah penyelesaian sengketa penetapan calon pasangan Pilkada. Menurut dia, penting untuk menentukan lembaga mana yang harus berperan agar tidak terjadi mata rantai birokrasi hukum yang panjang.

Ahok Maju Lewat Parpol, Bagaimana Nasib 1 Juta KTP?

"Apakah cukup Bawaslu saja atau cukup MA saja. Masukan lembaga pelaksana Pemilu seperti DKPP, KPU, Pengamat Politik, Perludem, DPR, DPD RI serta pemantau Pemilu akan jadi pertimbangan pemerintah khususnya dan KPU dalam rencana Revisi UU ke depan untuk Pilkada 2017 sampai seterusnya," ungkap Tjahjo.

Meski begitu, Tjahjo juga bersyukur atas suksesnya gelaran Pilkada serentak. Bagi dia, kesuksesan tersebut adalah kesuksesan semuanya.

50% Hasil Pilkada Serentak Disengketakan ke MK

"Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015 di 264 Provinsi, Kabupaten/Kota dapat berjalan aman, tenang, tertib. Semata kerja bersama dan sinergi antara lembaga-lembaga pelaksana penanggung jawab pengambil kebijakan dan partai politik serta masyarakat," kata Tjahjo. (ren)

Ilustrasi barang bukti mata uang asing kasus suap

KPK Periksa Pesaing Bupati Buton di Pilkada 2011

Agus Feisal Hidayat sudah curiga dicurangi

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016