Pilkada Serentak 2015

Di Tengah Konflik, Golkar Sukses Menangi 135 Daerah

Partai Golkar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang
VIVA.co.id -
Politikus Budi Supriyanto Didakwa Disuap Ratusan Ribu Dolar
Partai Golkar sukses memenangkan Pilkada di 135 dari 246 daerah yang diikuti atau 52 persen. Perolehan ini melebihi target 45 persen yang telah mereka tetapkan.

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

"Karena persoalan internal, Golkar hanya ikut di 246 dari 269 Pilkada serentak pertama ini," kata Ketua DPP Partai Golkar, Tantowi Yahya, dalam siaran persnya kepada
Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai
VIVA.co.id, Jumat, 11 Desember 2015.


Tantowi mengungkapkan, Golkar berhasil sapu bersih di Banten, unggul telak di beberapa daerah seperti Sumatera Selatan dan tetap berjaya di beberapa daerah basis seperti Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, DIY, Lampung, Kalimantan Barat, Maluku, Kalimantan Timur, Jambi, Jawa Timur, Riau, Sumatera Barat dan Papua.


Kemudian, memperoleh hasil seimbang di Nusa Tenggara Barat, Bangka Belitung, Sumatera Utara dan Kepulauan Riau. Namun, banyak kehilangan kursi di Jawa Tengah, Bengkulu, Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat, dan hasil yag tidak mengembirakan di Bali dan Kalimantan Utara.


"Kami mensyukuri keberhasilan ini karena didapat pada saat kondisi Partai sedang tidak kondusif," ujar Tantowi lagi.


Wakil Ketua Komisi III itu mengakui sempat was-was dengan berbagai isu negatif yang diterpakan ke Partai Golkar menjelang Pilkada ini. Namun, perasaan itu terkikis ketika kampanye akbar calon-calon Golkar dibanjiri puluhan ribu masyarakat.


"Mereka tekun mendengar orasi-orasi politik, baik dari calon maupun dari pimpinan parpol-parpol pengusung dan pendukung di bawah terik matahari. Itu memberikan keyakinan ke kami bahwa Golkar masih dicintai rakyat. Dan alhamdulillah keyakinan kami itu terbukti," ujar Tantowi.


Meski demikian, Tantowi tetap mencatat sejumlah kekurangan, khususnya di daerah-daerah yang Golkar tidak berjaya. Langkah ini dalam rangka menghadapi Pilkada serentak kedua tahun 2017.


"Kami mengucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang tetap mempercayai Partai Golkar melalui pilihan kepada calon-calon, baik yang diusung maupun didukung oleh Partai Golkar di Pilkada kemarin," tutur Tantowi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya