Cegah Terorisme, Ketua DPD Dukung Anggaran BNPT Ditambah

Mantan Ketua DPD Irman Gusman.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), lrman Gusman, menyebut Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) merupakan ujung tombak dalam menangani permasalahan terorisme.

Menkeu Sri Mulyani Janji ke DPD Tak Brutal Sunat Anggaran

Irman mendukung BNPT untuk diperkuat mengingat perannya yang dinilai penting itu.
Bertemu Menteri Australia, Yasonna Bahas Soal Terorisme


"Kami dukung BNPT, baik personel maupun anggarannya," kata lrman pada sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Sinkronisasi Aspirasi Daerah DKI Jakarta bertema "Kebijakan Menghadapi Konflik SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan) dan Bahaya Terorisme di Ibu Kota Negara DKI Jakarta, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Sabtu 12 Desember 2015.


Menurut lrman, lndonesia mempunyai modal yang kuat dalam menangkal paham radikalisme, lantaran memiliki organisasi masyarakat berbasis agama yang cukup banyak seperti NU dan Muhammadiyah.


Silaturahmi di antara ormas-ormas tersebut diyakini ampuh dalam menangkal bibit-bibit terorisme. "Silaturahmi di antara ormas penting dilakukan rutin, penangkal radikalisme," ujar lrman.


Legislator asal Sumatera Barat ini menambahkan, pencegahan konflik SARA dan teroris dapat berimbas kepada perekonomian lndonesia yang akan semakin membaik. Dia menyebut, berdasarkan survei yang dikeluarkan sebuah lembaga konsultan, perekonomian lndonesia saat ini termasuk dalam 16 besar dunia.


Bahkan, dipercaya pada tahun mendatang, peringkat lndonesia akan semakin meningkat ketika masalah konflik dan terorisme dapat dicegah.


"Diproyeksikan tahun 2030, jika tidak ada konflik dan sebagainya, ekonomi bangsa kita diproyeksikan akan jadi ke-6 terbesar dunia," tutur Irman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya