Capim KPK Ini Dapat Giliran Pertama Uji Kelayakan di DPR

Robby Arya Brata dan Sujanarko Uji Makalah Capim KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Para calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI, Senin, 14 Desember 2015. Sebanyak empat Capim KPK akan menjalani uji kelayakan di DPR hari ini.

Ikut Tes di DPR, Busyro Ditanya Jabatannya di Muhammadiyah

Capim KPK yang mendapat giliran pertama menjalani uji kepatutan dan kelayakan adalah Sujanarko yang saat ini menjabat Direktur Direktorat Pembinaan Jaringan Kerja Sama Antar-Komisi dan Instansi KPK.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Trimedya Panjaitan yang memimpin uji kelayakan memberikan waktu kepada Sujanarko selama 10 menit untuk menyampaikan visi misinya. Dalam paparan awalnya, Sujanarko menerangkan mengenai pentingnya independensi KPK. Independensi katanya meliputi penyidikan, penahanan, hingga penyelidikan penerimaan gratifikasi.

Tetapkan Capim Besok, DPR Jamin Tak Ada Kekosongan di KPK

Namun, pejabat KPK ini tetap menganggap penting koordinasi dengan lembaga penegak hukum lainnya. Hal itu agar tak menimbulkan kecemburuan antarlembaga penegak hukum. "Dari sisi penindakan, harusnya KPK bisa mengkonsolidasi kasus-kasus yang ditangani Kepolisian atau Kejaksaan," kata Sujanarko.

Diketahui, uji kelayakan dan kepatutan delapan orang capim KPK akan dilakukan selama tiga hari mulai 14 hingga 16 Desember 2015. Selain Sujanarko, hari ini juga ada Alexander Marwata, Johan Budi Sapto Prabowo dan Saut Situmorang yang akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR.

Dewan Fokus di MKD, Keputusan Capim KPK Terancam Molor

(mus)

DPR Coret Wajah Lama di Capim KPK Terpilih?

Masinton menyebut pimpinan KPK akan diisi wajah baru

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2015