Anggota MKD: Pimpinan, Anda Seperti Diktator di Sini

Akbar Faizal (Hanura)
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki
VIVA.co.id
DPR Mau Tambah Posisi Wakil Ketua MKD
- Peristiwa menarik terjadi dalam sidang dugaan pelanggaran kode etik Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto, di Mahkamah Kehormatan DPR (MKD), Senin, 14 Desember 2015.

Gerindra: Amri Seperti Pepatah Air Tenang Menghanyutkan

Peristiwa terjadi usai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan keterangan pembuka dalam sidang 'Papa Minta Saham' itu.
Hidayat Nur Wahid: Ketua MKD Akan Dikembalikan ke PKS


Usai mendengarkan penjelasan awal Luhut, Ketua sidang dari Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mempersilakan seluruh anggota MKD untuk bertanya kepada Luhut.


Dasco mempersilakan mulai dari Sarifuddin Sudding (Hanura), Darizal Basir (Demokrat), Muhammad Prakosa (PPP), dan seterusnya. 


Rupanya, opsi ini langsung ditentang anggota MKD dari Fraksi Nasdem, Akbar Faizal.


"Anda tidak bisa menentukan seperti itu. Biarkan anggota yang menentukan seperti apa. Kita tidak biasa rapat seperti ini," kata Akbar.


Terjadi sedikit perdebatan antara Akbar dengan Ketua sidang. Akbar tetap tidak menerima. "Pimpinan, Anda sudah seperti diktator saja di sini," kata Akbar kepada Ketua Sidang.


Dua anggota MKD lainnya kemudian menyampaikan bahwa opsi Ketua Sidang tidak masalah dan tidak perlu diperdebatkan. Sehingga dinilai wajar anggota sidang diberikan kesempatan berdasarkan kursi.


"Kalau mau dilihat berdasarkan daftar hadir, saya sudah dari awal di sini," kata Akbar.


Akhirnya, Ketua Sidang Dasco memutuskan anggota MKD diberikan kesempatan bertanya berdasarkan daftar absensi. Diawali Sarifuddin Sudding, Supratman Andi (Gerindra), Akbar Faizal, dan seterusnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya