Fraksi PDIP Mendadak Ganti Anggotanya di MKD

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengganti seorang anggotanya secara mendadak di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Marsiaman Saragih digantikan oleh Riska Mariska yang selama ini menjadi anggota Komisi III DPR RI.

Putra Risma Tak Rela Ibunya Jadi Calon Gubernur Jakarta

Riska langsung mengikuti sidang yang menghadirkan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai saksi, Senin 14 Desember 2015.

Saat dikonfirmasi, Marsiaman mengatakan rotasi mendadak itu karena ada kerabat yang meninggal sehingga tidak mengikuti persidangan MKD.

"Setelah melapor ke fraksi kemudian diganti Riska," kata Marsiaman saat di hubungi.

Fraksi PDI Perjuangan sempat melakukan rotasi M Prakosa dengan Henry Yosodiningrat. Namun Henry batal masuk karena diputuskan melanggar kode etik kategori sidang dalam perkara penyalahgunaan wewenang.

Beberapa fraksi di DPR juga sudah melakukan rotasi anggotanya di MKD dalam persidangan skandal "Papa Minta Saham," yang melibatkan Ketua DPR RI, Setya Novanto.

Fraksi Golkar mengganti tiga anggota MKD sekaligus dengan memasukkan Ridwan Bae, Kahar Muzakir, dan Adies Kadir. Mereka jadi pengganti Hardisoesilo, Dadang S Muchtar, dan Budi Supriyanto.

Fraksi Nasdem merotasi Fadholi dengan Akbar Faisal. Fraksi Partai Amanat Nasional merotasi Hang Ali Saputra Syah Pahan dengan Sugiman serta Ahmad Riski Sadiq digantikan A Bakrie. Fraksi Demokrat merotassi Guntur Sasongko dengan Fandi Utomo. (ren)

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta

Sekretaris Jenderal mengelak menjawab soal nama Risma.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016