Kampanye Akbar Megawati-Prabowo

Rumput Gelora Bung Karno Dijaga Ketat

VIVAnews - Ribuan kader dan pendukung capres-cawapres nomor urut 1, Megawati-Prabowo, memenuhi hampir seluruh tribun di Gelora Bung Karno. Massa memang dipusatkan di tribun atas, karena 'haram' hukumnya bila menginjak rumput di tengah lapangan.

Pantauan VIVAnews, ribuan pendukung kandidat Pemilihan Presiden 2009 ini tidak ada yang masuk ke arena tengah di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa, 30 Juni 2009.

"Dilarang Menginjak Rumput, Sedang Dalam Perawatan Intensif." Itulah tulisan yang terlihat di tepian rumput hijau berskala nasional itu. Penjagaan petugas keamanan di setiap pintu tribun pun terlihat ketat.

Sekitar 1.000 satuan tugas PDIP Perjuangan sudah dikerahkan, 500 Barisan Garuda Muda dari Gerindra juga terlihat. Belum lagi sekitar 2.400 orang personel polisi menjaga ketat di seluruh arena.

Tidak ada satupun massa yang menginjak di tengah rumput. Mereka hanye berlarian sambil membawa atribut dan bendera di pinggiran lapangan. Tepatnya di arena tanah merah tempat track untuk berlari.

Sebelumnya, Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha Gelora Bung Karno, Mahfudin Nigara, mengatakan, ketiga pasangan capres dan cawapres sudah memastikan diri akan menggelar kampanye di SUGBK. Ketiganya juga diperkenankan untuk menggunakan lapangan rumput yang ada di dalam SUGBK.

"Kami tidak melarang peserta kampanye menggunakan lapangan SUGBK. Kerusakan yang terjadi akibat kampanye akan diganti sesuai dengan tingkat kerusakannya," kata Mafudin kepada wartawan, di kantornya, Senayan, Jakarta, Senin, 29 Juni 2009.

Menurut Mafudin, ketiga pasangan capres-cawapres akan dikenakan uang jaminan Rp 150 juta. Selain itu pihak pengelola juga akan berusaha maksimal untuk mengurangi kerusakan yang timbul akibat kegiatan yang digelar di atas lapangan rumput.

"Kami yakin semua pihak memahami posis masing-masing dan bisa mengantisipasi kerusakan yang kerusakan yang terjadi pada lapangan rumput," kata Mafudin.

RUPST Telkomsel Sepakati Perombakan Jajaran Direksi, Ini Susunan Terbarunya

ismoko.widjaya@vivanews.com

Hendrawan Supratikno

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

Politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno merespons pernyataan Presiden terpilih Prabowo Subianto yang menyebut ada pihak mengklaim Presiden Soekarno milik satu partai.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024