Hari Terakhir, DPR Masih Uji 3 Capim KPK

Seleksi calon pimpinan KPK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
VIVA.co.id
PDIP: Pemimpin Baru KPK Sudah Selesai Urusan Pribadinya
- Komisi III DPR RI akan segera memilih pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru. Namun Komisi III masih harus melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap tiga capim yang tersisa. Ketiganya adalah Agus Rahardjo, Laode Muhammad Syarif, dan Busyro Muqoddas.

Basaria Panjaitan, Polwan Pertama Pimpin KPK

"Pak Agus bareng Pak Laode dan Pak Busyro," kata Wakil Ketua Komisi III Benny Kabur Harman ketika dikonfirmasi, Rabu 16 Desember 2015.
Sekjen Golkar: Kritik Pimpinan Baru KPK Tradisi Jelek


Setelah
fit and proper test
rampung, Komisi III akan segera melakukan rapat pleno. Keputusan penentuan capim katanya bisa keluar pada Rabu ini juga atau Kamis bespk.


Walau hari Kamis telah melewati batas akhir masa kerja pimpinan KPK yang sekarang, Benny mengatakan masih ada tiga Pimpinan KPK yang statusnya sebagai pelaksana tugas (Plt). "Plt kan tanpa limit waktu kan," ujar politisi Partai Demokrat itu.


Sebelumnya, Wakil Ketua KPK nonaktif, Bambang Widjojanto mengatakan KPK akan kehilangan legal basis untuk melakukan pemberantasan korupsi pada 16 Desember 2015.


"Kalau terjadi membuat KPK tidak berdasar hukum karena kalau mau mengeluarkan surat perintah penahanan, siapa yang tanda tangan? Kalau mau operasi tangkap tangan, siapa yang tanda tangan?" ujar Bambang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya