Anggota MKD dari Golkar: Novanto Lakukan Pelanggaran Berat

Ketua DPR Setya Novanto setelah menjalani sidang etik di MKD
Sumber :
  • Rizki Anhar

VIVA.co.id - Dua anggota Mahkamah Kehormatan Dewan dari Fraksi Partai Golkar, Adies Kadir dan Ridwan Bae, menilai Ketua DPR, Setya Novanto, terbukti melakukan pelanggaran berat. Dugaan pelanggaran kode etik itu diproses MKD atas aduan Menteri ESDM Sudirman Said.

"Fakta-fakta dalam persidangan, teradu dapat diduga melakukan suatu pelanggaran berat yang telah kami baca bersama di dalam kode etik DPR dan tata beracara MKD," kata Adies dalam sidang MKD di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, 16 Desember 2015.

Menurutnya, agar kebenaran hakiki dapat ditegakkan, marwah DPR dapat dikembalikan. Sehingga masyarakat dapat tahu persis siapa yang salah dari pelanggaran kode etik berat  tersebut maka MKD harus membentuk panel adhoc.

"Agar tidak ada kesan MKD main-main karena ada kepentingan politis. Dan supaya masyarakat tahu persis duduk persoalan agar dapat menggali kebenaran hakiki di balik apa yang dilakukan SN dan motif di balik pengaduan SS," ujar Adies.

Hal senada disampaikan Ridwan Bae yang juga kolega Novanto di Fraksi Golkar.

Kejaksaan Lanjutkan Pemeriksaan Setya Novanto Pekan Depan

"Kami pun berkesimpulan sama dengan teman-teman lain kalau SN telah melakukan pelanggaran berat. Besar harapan kami seyogyanya dan sebaiknya kita bentuk panel, orang-orang yang ahli, tanpa politis," ujar Ridwan. (ase)

Ketua DPR RI Setya Novanto

Setya Novanto Ampuni Pemalsu Tanda Tangan di Paripurna DPR

Novanto belum tahu siapa pemalsunya.

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2016