Tri Rismaharini Resmi Menangi Pilkada Surabaya

Rapat Pleno Terbuka KPUD Surabaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Januar Adi Sagita.

VIVA.co.id - Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana (Risma-Whisnu) akhirnya resmi memenangi Pilkada Surabaya. Dalam rapat rekapitulasi perolehan suara pemilihan di kantor KPU Surabaya, Rabu 16 Desember 2015, pasangan calon (Paslon) Risma-Whisnu berhasil mendapatkan suara sebanyak 893.087 suara.

Sedangkan lawannya, paslon Rasiyo-Lucy Kurniasari mendapatkan suara jauh di bawahnya. Tepatnya, hanya sebesar 141.324 suara.

Dalam rekapitulasi itu, Risma-Whisnu berhasil unggul di semua kecamatan yang ada di Surabaya. Bahkan, dari semua TPS yang ada di Surabaya, yang berjumlah lebih dari 3.000 TPS, paslon Risma-Whisnu hanya kalah di dua TPS.

Ahok Sewot Jakarta Disebut Berantakan Dibanding Surabaya

Kekalahan itu, mereka dapatkan di dua TPS yang ada di eks kawasan lokalisasi Dolly, yang dimenangi oleh Rasiyo-Lucy Kurniasari.

Hasil rekapitulasi itu, kemudian segera disahkan oleh Ketua KPU Surabaya Robiyan Arifn. "Dengan ini, saya sahkan hasil rekapitulasi di KPU Surabaya," kata Robiyan, saat memimpin sidang rekapitulasi tersebut.

Keputusan itu juga diambil tanpa mengalami kendala. Sebab, saksi dari kedua belah pihak sama-sama menyepakati hasil rekapitulasi tersebut.

Sementara itu, Risma-Whisnu akan ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya tiga hari kemudian. Selanjutnya, keduanya akan resmi dilantik pada 2016 mendatang, yang akan menjalankan jabatannya pada periode 2016 hingga 2021. (asp)

Siswa SD Menangis Agar Risma Tak Jadi Calon Gubernur Jakarta
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.

Risma: Jerman Sumbang Rp1,5 Triliun untuk Bangun Trem

Sisanya, akan minta anggaran dari APBN.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016