Demokrat: Pengunduran Diri Novanto Tak Gentleman

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan (kanan).
Sumber :
  • Fajar GM / VIVA.co.id
VIVA.co.id
DPR Mau Tambah Posisi Wakil Ketua MKD
- Partai Demokrat menyayangkan pengunduran diri yang dilakukan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Setya Novanto. Meskipun, pada dasarnya hal itu adalah hak setiap anggota dewan.

Cita Citata Mau Laporkan Anggota DPR Amri ke MKD
"Pengunduran diri itu sangat dihormati, itu hak," ujar Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan  di Jakarta, Rabu 16 Desember 2015.

Sosok Mantan Pacar 'Penipu' Cita Citata di Mata Kolega
Hanya saja, Hinca mempertanyakan tindakan pengunduran diri Setya yang dilakukan di tengah-tengah persidangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). 

Seperti diketahui, Setya mengundurkan diri saat sembilan orang anggota MKD merekomendasikan pemberian sanksi sedang. Sanksi tersebut membuat Setya kemungkinan dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPR malam ini juga. 

Menurutnya, ada dugaan upaya pembentukan panel karena beberapa anggota MKD tiba-tiba merekomendasikan pemberian sanksi berat tidak dapat terjadi.

Dengan kata lain, Hinca mengatakan, Setya Novanto tidak melihat kemungkinan sedikit pun untuk mempertahankan posisinya, sehingga memutuskan untuk mengundurkan diri.

"Rasanya itu tidak ikhlas. Mengambil (keputusan mengundurkan diri), setelah tahu ia kalah, (tindakan itu) tidak gentleman. Kalau misalnya keputusan diambil sebelum sidang dimulai, mungkin akan lebih baik," ujar Hinca. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya