DPR Coret Wajah Lama di Capim KPK Terpilih?

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA.co.id - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Masinton Pasaribu memastikan, hari ini komisinya akan menentukan siapa pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru periode 2015-2020.

Basaria Panjaitan, Polwan Pertama Pimpin KPK

Masinton memberikan sinyal, bahwa lima calon pimpinan KPK terpilih semuanya wajah baru. "Kita berharap yang wajah baru biar KPK lebih fresh," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 17 Desember 2015.

Sayangnya, politikus PDI Perjuangan itu belum bersedia membuka lima nama terpilih yang disebutnya "wajah baru", yang nantinya bakal diajukan ke Presiden Joko Widodo. "Semua sama kuat, dari 10 itu sedang disaring, dipilah-pilih menjadi 5. Komisi III nanti rapat untuk teliti dalam memutuskan nama-nama," ujarnya.

Sekjen Golkar: Kritik Pimpinan Baru KPK Tradisi Jelek

Dia memastikan, lima nama calon pimpinan KPK terpilih malam ini akan disahkan oleh Komisi III DPR. "Besok dipastikan disahkan di Paripurna," ujar Masinton

Sebagaimana diketahui, sebanyak 10 orang calon pimpinan KPK telah melalui tahapan uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI. Mereka adalah, Sudjanarko (Direktur Pembinaan Jaringan Kerjasama Antar Komisi Instansi KPK), Alexander Marwata (Hakim Ad hoc Tipikor), Johan Budi Santosa Prabowo (Plt Pimpinan KPK), Saut Situmorang (Staf Ahli Kepala BIN).

Kemudian, Surya Chandra (Direktur Trade Union Trade Center), Roby Arya Barata (Dosen Universitas Indonesia), Basaria Panjaitan (Inspektur Jenderal Polisi), Agus Raharjo (Mantan Kepala LKPP), Laode Mohammad Sarif (Rektor Universitas Hasanuddin) dan Busyro Muqoddas (akademisi dan mantan Ketua KPK periode 2010-2011.

Sering Berseberangan dengan KPK, Kini Alex Jadi Pimpinan

Dari sepuluh nama yang mengikuti seleksi calon pimpinan KPK, dua nama diantaranya adalah wajah lama, yakni Busyro Muqoddas dan Johan Budi SP.

(mus)

pelantikan pimpinan kpk

PDIP: Pemimpin Baru KPK Sudah Selesai Urusan Pribadinya

Makanya PDIP memilih mereka.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2015