Pansus Freeport Bisa Bongkar Hubungan Keluarga JK-Freeport

pengukuhan yudi chrisnandi menjadi guru besar unas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Keluarga Wakil Presiden Jusuf Kalla yakni Aksa Mahmud dan Erwin Aksa, diketahui pernah menemui bos besar Freeport McMoran, James R Moffett alias Jim Bob. Mengenai pro dan kontra itu, Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto, menilai hal itu nanti bisa digali lebih dalam di Panitia Khusus (Pansus) Freeport yang telah diusulkan beberapa anggota.

"Di sini bisa masuk Pansus Freeport dan di situlah semua bisa digali, dari segi politik, segi bisnis," kata Agus ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 22 Desember 2015.

Politisi Partai Demokrat ini mengingatkan, Pansus nanti memiliki kewenangan untuk melakukan penyelidikan, dan juga memanggil pihak-pihak terkait. Pansus nanti bisa melahirkan rekomendasi yang harus dipatuhi oleh pihak yang berwajib.

"Memang Pansus tidak mengeksekusi, yang mengeksekusi yang berkaitan dengan tersebut, misalnya pelanggaran hukum, pasti aparat hukum yang akan melaksanakan untuk mengeksekusinya," ujar Agus.

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016

Pansus, katanya, bisa disetujui pembentukannya jika telah diusulkan oleh minimal 25 orang dan 2 fraksi. Nantinya, draf usulan itu akan dibawa ke sidang paripurna untuk ditetapkan.

"Ini adalah suatu hak yang melekat daripada kedewanan itu sendiri, sehingga hak-hak tersebut dimiliki oleh seluruh anggota Dewan. Bisa saja seluruh anggota Dewan itu mengusulkan untuk dilaksanakan Pansus Freeport," kata Agus.

Sebelumnya, Juru Bicara Wakil Presiden Kalla, Husein Abdullah, mengklarifikasi pertemuan keluarga JK dengan Jim Bob tersebut. Namun, Husein mengatakan bahwa pertemuan itu terjadi saat

Wapres: Elektrifikasi RI Terendah di ASEAN
Wakil Presiden Jusuf Kalla

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

Pameran diikuti 33 perusahaan otomotif, mulai dari mobil hingga motor.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016