Isu Reshuffle Memanas, Ini Kementerian yang Disorot

Pelantikan 34 menteri Kabinet Kerja Pemerintahan Joko Widodo.
Sumber :
  • Biro Pers Istana
VIVA.co.id
Saleh Husin: Reshuffle Jadi Titik Balik Perbaikan Ekonomi
- Wakil Ketua DPR Agus Hermanto optimistis perombakan kabinet (reshuffle) jilid II akan memberi dampak positif untuk meningkatkan kinerja pemerintah. Menurut Agus, ada beberapa kementerian yang perlu diperbaiki kinerjanya.

Reshuffle Tak Pengaruhi Aturan TKDN

"Menurut saya reshuffle juga akan menjadi lebih bagus, tapi, paling tidak harus menjadi agenda dalam perbaikan-perbaikan masalah kinerja dari kementerian," ujar Agus di Gedung DPR RI pada Selasa, 29 Desember 2015.
Begini Respons Negara Islam Terkait Sri Mulyani


Agus melihat ada sejumlah kementerian yang menjadi sorotan atas kinerja yang kurang baik. Hal ini perlu menjadi evaluasi bagi pemerintahan Jokowi-JK.


"Kita ketahui kementerian terutama di bidang ekonomi sangat parah, bukan hanya menteri ekonomi saja tapi kita lihat kementerian perindustrian, perdagangan, kementerian ESDM yang paling parah. Juga kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kementerian BUMN juga sangat parah, tentu ini yang menjadi perhatian," ujar Agus.


Politisi Demokrat itu mengharapkan agar Jokowi dapat mengevaluasi kinerja dari sejumlah kementerian yang disebutkannya. Evaluasi ini diperlukan untuk menjadi pertimbangan Jokowi untuk menetapkan kementerian mana saja yang perlu di reshuffle.


"Paling tidak kementerian-kementerian yang saya sebutkan tadi memerlukan perhatian khusus supaya kinerjanya ditingkatkan supaya ekonomi kita juga bisa bangkit," ucap Agus.


Kendati demikian, Agus menyerahkan masalah reshuffle kepada Jokowi. Meski memberi saran, Agus menyatakan tidak akan ikut campur dengan masalah itu.


"Kalau masalah reshuffle adalah keperluan Pak Jokowi dan prerogatifnya, kami tidak ingin memasuki wilayah itu," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya