Pengganti Puan di DPR Menolak, KPU Tunggu Klarifikasi

Menteri PMK Puan Maharani Saat Rapat Kordinasi Penanganan Asap
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Komisi Pemilihan Umum memastikan telah menerima surat Pergantian Antar Waktu (PAW) kader PDI Perjuangan Puan Maharani sebagai anggota DPR RI.

Menko PMK: Kampung KB, Wadah Gerakan Masyarakat Sehat

"Kami dapat surat dari pimpinan DPR untuk PAW Puan Maharani. Juga dilampirkan surat pengajuan PAW dari pimpinan PDIP kepada pimpinan DPR," kata anggota Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, di kantor KPU, Senin 4 Januari 2016.

Dalam surat PDIP tersebut. kata Hadar, disampaikan juga nama pengganti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia ke-16 itu, yakni Darmawan Prasodjo.

Puan Maharani Buka Indonesia Fashion Week 2016

Tetapi, peraih suara terbanyak kedua di Dapil Jawa Tengah V, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta tersebut tidak bersedia menjadi anggota DPR, sehingga mengundurkan diri.

"Kami sedang meminta klarifikasi kepada calon pengganti yang telah menyatakan mengundurkan diri," ujar Hadar.

Puan Maharani: Tata Ulang Orientasi Pendidikan Tinggi

Nantinya, menurut Hadar, jika memang betul Darmawan betul-betul dan enggan naik mengisi posisi kosong Ketua Bidang Politik & Hubungan Antar Lembaga PDIP di DPR itu, baru KPU akan mengusulkan nama ganti lainnya.

"Setelah proses klarifikasi, barulah kami menyampaikan nama PAW berikutnya kepada pimpinan DPR," ujar Hadar.

Pengunduran Darmawan Prasodjo tentu akan digantikan oleh nama yang ada di bawahnya. Menurut Sekjen PDI Perjungan Hasto Kristiyanto, penggantinya adalah seorang wanita.

"Nama penggantian sudah kita ajukan juga ke KPU. Seorang wanita yang posisi saat Pileg ada di bawah Darmawan," kata Hasto. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya