Jadi Ketua DPR, Ade Komarudin Temui Surya Paloh

Ketua DPR Ade Komaruddin
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace
VIVA.co.id
RUU Kamnas Dirancang Jadi Penyelaras Kewenangan Instansi
- Ketua DPR RI Ade Komarudin menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di kantor DPP Partai Nasdem di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Januari 2016. Ade datang bersama anggota DPR dari fraksi Golkar, Bambang Soesatyo, sekira pukul 12.00 WIB.

Ketua DPR Diundang Peringatan Malam Puncak Zelfbestuur

Pertemuan mantan ketua fraksi Golkar dengan Surya Paloh berlangsung selama kurang lebih 90 menit. Keduanya tidak menjelaskan gamblang isi pertemuan tersebut. Namun Surya Paloh mengaku pertemuan itu hanya silaturahmi biasa.
Ketua DPR Diskusi Soal Pemotongan Anggaran


"Kedatangan Ade Komarudin untuk hubungan antara senior dengan junior. Pak Ade Komarudin dulu juga wartawan lama di Media Indonesia, Bambang Soesatyo juga di media," kata Surya Paloh.


Paloh mengungkapkan bahwa pertemuan dengan Ade Komarudin pada prinsipnya membicarakan kegiatan-kegiatan DPR ke depan. Apalagi Fraksi Nasdem saat rapat Badan Musyawarah DPR lalu memberikan sikap jelas dengan menyepakati pengangkatan Ade Komarudin sebagai Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto.


"Ade Komarudin naik jadi Ketua DPR, Ade Komarudin minta nggak ada kegaduhan di DPR, minta dukungan agar bisa kerja maksimal," terang Paloh.


"Lalu kita beri dukungan pada Ade Komarudin kerja maksimal pada DPR RI," imbuhnya.


Sementara itu, Ade Komarudin enggan berkomentar banyak terkait pertemuannya dengan Surya Paloh. "Kita disini hanya silaturahmi saja," ujar politikus Golkar ini.


Ade Komarudin resmi dilantik menjadi Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto. Pelantikan dipimpin Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali dalam sidang Paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 11 Januari 2016.


Setelah dilantik, Ade Komarudin membacakan pidato politik pertamanya sebagai Ketua DPR RI. "Saya mengucapkan terima kasih pada semua pihak. Saya duduk di sini mewakili rakyat Indonesia. Saya akan menjalankan sesuai sumpah jabatan saya," katanya.


Sidang paripurna sempat dihujani interupsi penolakan Ade komarudin sebagai Ketua DPR. Interupsi antara lain disampaikan anggota Fraksi Golkar Dave Laksono yang juga putra Agung Laksono.


Namun demikian, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang memimpin jalannya sidang tak menggubris protes tersebut. Agenda pelantikan pun berjalan sesuai rencana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya