DPR Tak Masalahkan Semua Kepala Daerah Dilantik di Istana

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo berencana melantik semua kepala daerah di Istana Negara. Menurut Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto, langkah itu tidak masalah jika mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut ingin mengambil kebijakan itu.

Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

"Selama aturannya diperbolehkan, pemerintah menginginkan itu, ya kami sinkronisasi saja," ujar Agus di Gedung DPR, Selasa, 26 Januari 2016.

Agus menjelaskan bahwa biasanya pelantikan bupati dan walikota dilakukan di provinsi setempat. Pelantikan gubernur barulah dilakukan di istana. Namun, jika Jokowi ingin mengubah itu, Agus mengatakan hal itu tidak menjadi masalah.

PDIP Tak Persoalkan Kerja Sama Politik untuk Mengusung Khofifah dalam Pilkada Jatim

"Bagi saya sama saja, yang penting ada pelantikan, mau dilantik di Istana juga boleh, di provinsi juga boleh," katanya lagi.

Seperti diketahui, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa kepala daerah seperti gubernur, bupati, dan walikota terpilih, di daerah yang sengketanya sudah digugurkan Mahkamah Konstitusi, akan dilantik langsung Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Sementara, bagi daerah yang masih bersengketa harus menunggu pelantikan hingga ada keputusan inkracht. (ren)

Kamp pengungsi Sudan Selatan

7 Negara dengan Populasi Daerah Kumuh Terbesar di Dunia

Daerah kumuh, yang juga dikenal sebagai pemukiman kumuh merupakan area di mana kondisi lingkungan dan infrastruktur perkotaan sangat tidak memadai.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024