Masinton: KPK Anggap DPR Kumpulan Bromocorah

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir.

VIVA.co.id – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu, 27 Januari 2016. Para pemimpin KPK memenuhi undangan RDP yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III, Mulfachri Harahap.

Disebut Tak Lolos DPR, PPP Sayangkan MK Tak Pertimbangkan Alat Bukti

Anggota Komisi III Masinton Pasaribu mempertanyakan ideologi KPK selama ini. Menurutnya ideologi ini akan mempengaruhi cara lembaga antirasuah ini bertindak.

"Karena menurut saya, ideologi selama ini, KPK kalau ada di parlemen, parlemen dianggap sebagai kumpulan bramacorah," kata Masinton di ruang rapat.

Fadli Zon Kecam Aksi Israel Hancurkan Akses Air Bersih Palestina

Masinton mencontohkan insiden adu mulut yang terjadi antara Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dengan penyidik KPK beberapa waktu lalu. Saat itu tindakan penyidik yang menyertakan pasukan Brimob bersenjata lengkap diprotes DPR.

"Seperti kemarin yang dipertontonkan membawa senjata laras panjang, padahal DPR punya pengamanan berlapis-lapis. Saya nggak tahu SOP-nya. Apakah dengan menganggap DPR kumpulan bramacorah, tindakan seperti itu sah-sah saja?," ujar Masinton.

MK Tolak Gugatan PPP Soal Pergeseran Suara ke Partai Garuda di Jateng, Ini Alasannya

Menurut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, jika KPK menganggap DPR sebagai institusi negara, maka penggeledahan tidak akan berlangsung seperti itu.

"Kalau mau digeledah monggo. Nggak perlu gaya-gaya seperti ini. Nanti bisa saja menteri lagi rapat kabinet, dengan dalih hukum maka akan seperti itu juga," katanya. (ase)

Simpatisan PPP saat kampanye. (Foto ilustrasi).

Daftar Gugatan PPP yang Berguguran di MK, Kans Lolos ke DPR Makin Tipis

Sebagian besar dari 24 gugatan yang diajukan PPP ditolak MK. Salah satu alasan MK permohonan PPP tidak jelas atau kabur.

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2024