Hitung Cepat Pilkada Kalteng, Sugianto-Habib Unggul

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

VIVA.co.id -  Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sudah menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Rabu, 27 Januari 2016. Sebagian data pemilih sudah masuk dalam penghitungan cepat yang dilakukan Indo Barometer hingga pukul 13.20 WIB.

MK Dituding Konservatif dalam Penanganan Sengketa Pilkada

Hasil sementara menunjukkan bahwa pasangan nomor urut dua, Willy-Wahyudi, unggul dengan 54,22 suara. Sedangkan Sugianto-Habib Ismail 45,78 persen, dengan total data masuk 3,33 persen.

Namun demikian, angka tersebut masih bersifat awal dan belum mencerminkan hasil akhir. Terbukti, beberpa menit berjalan, sampai pukul 13.30, hasil kemudian berubah. Pasangan Sugianto-Habib balik memimpin dengan 53,47 persen, dan Willy-Wahyudi 46,53 persen suara, dengan total data masuk sebanyak 11,67 persen.

Pemerintah Harus Serius Dorong Ekonomi Kreatif & Perfilman

"Ini belum bisa dibuat kesimpulan, angka masih naik turun, hingga sampai 50 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari, dalam perbincangan dengan tvOne.

Qodari mengatakan, data yang masuk kemungkinan berasal dari TPS-TPS di perkotaan. Sedangkan, mayoritas TPS yang lain masih melangsungkan penghitungan suara.

Kepala Daerah Dilantik Jokowi, Mendagri Siapkan Aturannya

"Bahkan ada pula yang belum memulai, mereka baru istirahat, sholat, makan," katanya menambahkan.

Qodari memperkirakan, baru setelah di atas jam dua siang, mayoritas TPS merampungkan penghitungan suara. Ia mengungkapkan, data hitung cepat atau quick count yang dilakukan Indo Barometer mengambil 300 TPS sebagai sampel dari total sebanyak 5.755, dengan metode distribusi proporsional.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya