DPR: Ada Kepala Lapas yang Pakai dan Jual Narkoba

Kerusuhan di penjara Guyana
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Peredaran narkoba masih menjadi permasalahan serius bangsa Indonesia. Lebih miris, peredaran barang haram itu malah kerap terjadi di penjara, tempat para pengedar menjalani hukuman. Bahkan, para petugas Lapas juga ikut membantu peredaran itu.

Jalin Sinergi Pengawasan dengan Kepolisian, Bea Cukai Mataram Raih Penghargaan

"Di semua Lapas sekarang ini narkoba semakin marak, ini sudah fakta," kata anggota Komisi III DPR, Junimart Girsang, dalam rapat dengan Kemenkumham di DPR, Jakarta, Rabu, 3 Februari 2016.

Junimart mencatat bahwa beberapa kali kepolisian melakukan sweeping di berbagai Lapas seperti di Lapas Siantar, Lapas Tanjung Balai. Mereka mendapati para petugasnya bukan hanya memakai, tapi juga memperjualbelikan narkoba.

Sarang Narkoba di Deli Serdang Digempur Polisi, 10 Pria dan 1 Wanita Ditangkap

"Pak Menteri jangan membiarkan hanya kepolisan atau BNN yang mempunyai tugas dan kewajiban meminimize itu. Pak Menteri dengan unit yang ada langsung turun ke lapangan," ujar Junimart.

Menurut Junimart, langkah itu perlu dilakukan Yasonna, lantaran kenakalan di Lapas sudah terlalu parah. Ia mendengar ada Kepala Lapas yang memakai dan memperjualbelikan narkoba. Hanya saja, ia tidak menyebut siapa dan di mana Kalapas itu berada.

Peredaran 15 Ribu Pil Ekstasi di Medan Buat Malam Tahun Terbongkar, Pelaku Terancam Hukuman Mati

"Ada Kalapas yang pakai narkoba juga, bahkan memperjualbelikan, kalau Bapak (Yasonna) mau tahu namanya. Bagaimana kita berantas di luar, kalau di dalam lebih semarak lagi," kata Junimart. (ren)

Polresta Denpasar merilis pengusutan kasus narkoba dan para tersangka

Demi Gaya Hidup Mewah, 9 Perempuan Terlibat Sindikat Narkoba Tempel di Denpasar

Satuan Reserse Narkoba Polresta Denpasar mengamankan 35 orang penyalahgunaan narkoba. Dari total 35 orang, 9 diantaranya adalah wanita.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024