Daerah di Aceh Terbanyak Ikut Pilkada Serentak 2017

Peluncuran tanggal pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 oleh KPU.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh Nadlir

VIVA.co.id – Provinsi Aceh menjadi daerah yang akan paling banyak menggelar pemilihan kepala daerah pada Pilkada Serentak tanggal 15 Februari 2017 mendatang. Dari 101 daerah yang menyelenggarakan pilkada, 21 daerah  berada di Provinsi Aceh.
 
"Provinsi paling banyak gelar pilkada yakni Aceh, 1 gubernur, 20 bupati dan wali kota. Catatan kami, di periode kedua ini untuk Pilkada Serentak, Aceh akan menjadi gelaran pilkada terbesar," kata Husni Kamil Manik, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), dalam acara Peluncuran Tanggal Pilkada Serentak 2017 di Hotel Aryaduta, Kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, Senin 15 Februari 2016.

Pilkada, Ini Tiga Provinsi yang Bakal Banjir 'Perang Sosmed'

Husni menerangkan, 21 daerah di Aceh itu rinciannya adalah satu provinsi akan menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur, 16 kabupaten menggelar pemilihan bupati dan wakil bupati, sementara 4 kota akan melangsungkan pemilihan wali kota dan wakil wali kota.

Sebelumnya, Provinsi Sumatera Utara dan Jawa Timur menjadi provinsi yang daerahnya terbanyak menggelar pemilihan di Pilkada 2016. Sumatera Utara menyelenggarakan hingga 23 daerah, sedangkan di Jawa Timur diikuti 21 daerah.

Ketua Komisi II Luncurkan Buku Tentang Pilkada Serentak

"Hanya saja pilkada di kedua provinsi itu tidak digelar secara serentak dengan gubernurnya," lanjutnya.

Pilkada serentak 2017 akan diikuti oleh 101 daerah dengan rincian 7 pilkada gubernur dan wakil gubernur. Provinsi yang mengadakan pilkada yaitu Aceh, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Barat, Gorontalo dan Papua Barat.

215 Pasangan Sudah Daftar Pilkada Serentak 2017

Sedangkan untuk pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati digelar di 76 kabupaten dan pilkada wali kota dan wakil wali kota digelar di 18 kota di Indonesia. (one)

Penyelenggaraan pilkada serentak di Indonesia.

Jumlah Calon Kepala Daerah Minim, Parpol Patut Disalahkan

Jumlah kandidat yang tak ideal, jadi bukti parpol malas usung kader.

img_title
VIVA.co.id
29 September 2016