KPU Didesak Beri Kejelasan Status Dewie Yasin Limpo

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Hanura Dewie Yasin Limpo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Komisi Pemilihan Umum didesak untuk segera memberikan kejelasan mengenai status proses pergantian antar waktu anggota DPR Komisi Vll dari Fraksi Hanura, Dewie Yasin Limpo.

Dewie yang saat ini berstatus terdakwa kasus korupsi masih belum digantikan posisinya di DPR. KPU dinilai telah menghambat proses PAW Dewie sebagai anggota DPR.

Hal tersebut menjadi salah satu tuntutan massa yang menamakan diri Gerakan Masyarakat Sulawesi Selatan Menggugat (GeMas Menggugat) saat melakukan aksi di depan kantor KPU, Jakarta, Rabu 2 Maret 2016.

"KPU jangan ikut campur dalam hal pemberhentian Dewie Yasin Limpo, karena keberatan ataupun gugatan yang dilakukan bukan ranah KPU, tapi urusan rumah tangga Partai Hanura," ujar koordinator aksi, Kaharuddin Baso, Rabu 2 Maret 2016.

Kaharuddin mengatakan, surat pengajuan pengganti Dewie Yasin Limpo telah disampaikan oleh Partai Hanura ke pimpinan DPR sejak 5 November 2015 dan mengajukan Mukhtar Tompo sebagai penggantinya.

DPR lantas meneruskan surat tersebut pada KPU untuk menanyakan mengenai pengganti Dewie. Namun, KPU membalas surat tersebut dengan penjelasan bahwa Dewie akan mengajukan upaya keberatan ke Mahkamah Partai atas pemberhentiannya.

Karena itu, KPU didesak untuk segera memberikan jawaban lugas atas surat DPR tersebut. Lantaran, tindakan KPU yang dinilai memperlambat PAW Dewie telah merugikan kepentingan rakyat.

"Menuntut KPU segera memberikan jawaban lugas kepada pimpinan DPR bahwa pengganti Dewie Yasin Limpo adalah Mukhtar Tompo, sesuai hasil Pemilu Legislatif 2014 di daerah pemilihan Sulawesi Selatan 1, selambat-lambatnya 2x24 jam," ujar Kaharuddin.

Mereka juga meminta DKPP mengusut dugaan penyelewengan wewenang oleh komisioner KPU.

KPU Bantah Persulit Proses PAW Dewie Yasin Limpo
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said

Sidang Dewie Yasin Limpo, KPK Hadirkan Menteri ESDM

Sudirman Said mengaku mengenal Dewie Yasin di Komisi VII DPR.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2016