Izin Kapal Penyeberangan Harus Dialihkan Jadi Kapal Wisata

Jembatan Tol Surabaya-Madura (Suramadu)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Tudji Martudji.

VIVA.co.id – Tarif tol Surabaya-Madura (Suramadu) telah digratiskan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui surat keputusannya. Namun, itu membuat masyarakat yang bergantung pada usaha kapal penyeberangan menjerit kerugian.

Pencalonan Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi: Jangankan Maju, Mundur Saja Siap

Seperti diketahui, baru-baru ini Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 60/KPTS/M/2016 telah menetapkan penggratisan dan pengurangan tarif tol bagi kendaraan bermotor  yang melintasi jembatan Surabaya-Madura.

Hal itu ditanggapi Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Gerindra, Moh Nizar Zahro dengan memberikan usul pada Kemenhub agar mengalihkan  izin kapal penyeberangan menjadi kapal wisata. Sebab, tidak ada solusi memungkinkan lagi selain itu.

Gerindra Sebut Petinggi Nasdem Bawa Kabar Gembira buat Prabowo

"Saya akan usulkan dalam rapat dengan Menteri Perhubungan supaya mengalihkan izin kapal penyeberangan sekitar Suramadu ke daerah lain, dari lintas komersial, menjadi lintas pelayanan berbentuk pelayaran wisata," ujar Nizar dalam keterangan tertulisnya di DPR, Jakarta, Kamis 3 Maret 2016.

Sehingga, sambung Nizar, para pelaku usaha penyeberangan itu tidak merugi. Sebab, kerugian mereka akan ditutupi oleh subsidi pemerintah dengan mekanisme administrasi yang diatur Kemenhub.

Prabowo Utus Anak Buah Buat Rekonsiliasi dengan Lawan Politik

“Kalau bisa diubah, maka operator tidak jadi mengundurkan diri. Sebab, kerugian mereka bisa ditutupi oleh subsidi, nanti akan dibahas (bersama Menhub)," katanya. (rin)

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam sidang putusan sengketa Pilpres 2024 di MK.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Pengamat politik pada Universitas Andalas Padang menilai ada kesan bahwa Anies Baswedan mulai ditinggalkan partai pendukungnya setelah kalah dalam Pemilu Presiden 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024