Alasan Ade Komarudin soal DPR 'Lelet' Selesaikan UU

Ketua DPR RI Ade Komarudin
Sumber :

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tidak perlu menargetkan puluhan undang-undang (UU) dalam setahun. Jokowi ingin DPR mengedepankan kualitas UU dibanding hanya mengejar kuantitas. Ketua DPR, Ade Komarudin merespons positif pernyataan Jokowi itu.

Merasa Tidak Bersalah, Ade Komarudin Akan Ajukan PK

"Supaya teman-teman jangan buat undang-undang asal-asalan," kata Ade di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 30 Maret 2016.

Dia mengakui DPR memang sering lambat dalam membuat UU. Namun menurut Politikus Golkar ini, hal tersebut demi produk yang berkualitas baik.

Komisi DPR Berebut Mitra, Ade Komarudin Dilaporkan ke MKD

"DPR ini justru sering terlalu lelet karena ingin sangat bagus undang-undang-nya. Walaupun ujung-ujungnya bisa di-JR (judicial review) di MK," ujar Ade.

Mengenai harapan presiden itu, dia mengingatkan bahwa pembahasan UU tidak hanya dilakukan oleh DPR semata. Pemerintah dengan DPR adalah dua pihak yang berandil dalam proses menghasilkan produk legislasi.
 
"Karena susun UU itu presiden bersama DPR. Jadi jangan sekadar presiden mau, tapi DPR-nya tidak mau, juga sebaliknya DPR mau tapi pemerintah enggak mau, ya enggak jalan juga. Buat UU itu harus berkualitas. Kedua belah pihak harus bekerja," katanya.

Ketua DPR Ceritakan Pengalaman Pertemuan di Australia
MKD umumkan sanksi untuk Ketua DPR Ade Komarudin.

Ade Komarudin: Saya Sudah Ikhlas

Namun tuduhan terhadap dirinya dinilai tidak beralasan.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2016