Garin Nugroho Jadi Calon Independen di Pilkada Jogja 2017

Garin Nugroho putuskan maju sebagai calon walikota Jogjakarta
Sumber :
  • Daru Waskita

VIVA.co.id - Sutradara senior Indonesia Garin Nugroho bakal meramaikan Pilkada Kota Yogyakarta 2017 dengan maju melalui jalur independen. Pengusungan Garin digagas Jogja Independent atau JOINT.

Dengan kepercayaan ini, Garin mengaku siap meninggalkan dunia perfilman Indonesia yang telah membesarkan namanya jika nantinya lolos dalam konvensi calon wali kota.

"Saya sudah 35 tahun berkarya lewat film dan sudah saatnya kembali ke kota kelahiran saya untuk mengabdi kepada masyarakat," kata Garin Nugroho pada sela-sela acara sarasehan "Sinau Bareng Demokrasi ala Jogja yang di selenggarakan oleh Jogja Independent (JOINT) di PKKH UGM, Minggu, 3 April 2016.

Garin mengaku mendapat tawaran dari beberapa partai besar di Indonesia. Bahkan Sineas Indonesia ini juga sempat ditawari posisi sebagai wakil ketua partai.

"Tawaran posisi bagus pasti. Jelas dengan posisi itu akan mudah masuk ke Jogja. Tapi persoalannya pilihan bukan itu," kata Garin.

Majunya Garin lewat jalur independen memang cukup mengagetkan banyak pihak, karena sebelumnya banyak parpol yang memberikan tawaran kepadanya.

"Ya kaget semua saya mengambil ini, karena tawaran dari parpol banyak, kebanyakan dari pusat. Saya katakan partai dan independen itu jalan demokrasi yang keduanya itu harus dihormati," tuturnya.

Demi mengumpulkan persyaratan maju dari jalur independen, Garin akan mengumpulkan KTP dukungan hingga 45 ribu. Dia akan menggunakan strategi jemput bola dengan membentuk relawan Sepeda Istimewa atau Ojek.

Setelah memutuskan maju melalui jalur independen, Garin mengaku banyak dihubungi kolega dan masyarakat yang bersimpati dan menyatakan untuk mendukung. Mereka mulai menanyakan di mana bisa mengumpulkan KTP dukungan.

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai

"Banyak yang tidak tahu caranya. Kami maksimalkan media online, misalnya web atau medsos. Kami akan informasikan caranya mendonasikan KTP," kata Garin. (ase)

Hasto Datangi KPK

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

Alasannya, saat ini masih sibuk bicarakan cagub daerah lain.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016