PPP Minta Calon Independen Tak Dipersulit

Ketua Umum PPP Romahurmuziy Datangi KPU
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy meminta, syarat dukungan calon independen dalam Pilkada tidak perlu dipersulit. Menurutnya, syarat yang ada mengenai pencalonan perseorangan sudah memadai.

Tak Disangka, Paslon Independen Ini Lolos di Pilkada Tegal

"Prinsip pembukaan adanya calon independen adalah dimungkinkannya muncul calon nonparpol. Karena dia tanpa dukungan parpol, maka syarat yang ada saat ini tidak perlu dipersulit," kata Romi, sapaan akrab Romahurmuziy, di Gedung DPR, Jakarta, Sabtu 23 April 2016.

Romi justru menilai bukan syarat pencalonannya yang perlu diperbaiki, tapi mekanisme pemeriksaan adanya pendukung ganda. Selain itu, prosedur mengurangi moral hazard atau buruknya perilaku moral dalam Pilkada. 

Calon Perseorangan di Pilgub Jabar Wajib Himpun 2,1 Juta KTP

"Mekanismenya kita serahkan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) karena ini masalah teknis," ujar pria yang terpilih dalam Muktamar Islah PPP di Jakarta ini. 

Hal senada juga dia ungkapkan mengenai syarat dukungan partai politik untuk mengajukan seorang calon. Romi menilai syarat  dukungan partai yang ditetapkan undang-undang, selama ini telah mampu menghasilkan Pilkada berkualitas.

Ketua DKPP: Calon Independen Tidak Perlu Dipersulit

"Sekarang tinggal bagaimana kekurangan Pilkada kemarin yang seperti lesu darah, kurang semangat, itu ditingkatkan. Salah satunya dengan memberikan perlakuan yang sama terhadap bakal-bakal calon yang berangkat dari anggota parlemen, PNS, TNI, Polri dan pejabat incumbent.”

(mus)

Titi Anggraini Perludem

Peserta Pilkada 2018 Masih Didominasi Calon dari Parpol

Calon independen syaratnya lebih sulit.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2018