Pemerintah Beri Ucapan Selamat ke Setya Novanto

Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto.
Sumber :
  • ANTARA/Wira Suryantala

VIVA.co.id – Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar, yang digelar di Bali sejak Sabtu 14 Mei 2016, menghasilkan ketua umum baru. Mantan Ketua DPR yang kini menjadi Ketua Fraksi Golkar di parlemen, Setya Novanto, berhasil mengungguli tujuh calon ketua yang lainnya.

Bertahan Dukung Ahok, Golkar Sampaikan Terima Kasih pada PPP

"Tentunya pemerintah ingin mengucapkan selamat kepada Pak Novanto (Setya Novanto) yang telah terpilih secara demokratis yang berlangsung sampai dengan tadi pagi," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di kantornya, Jakarta, 17 Mei 2016.

Pemilihan berlangsung hingga dua putaran yang mempertemukan dua calon dengan suara terbanyak pertama dan kedua yakni Setya Novanto dan Ade Komarudin. Namun sebelum dilangsungkan, Ade memilih mundur sehingga hanya tersisa calon tunggal dan otomatis terpilih.

Ketua DPR Turut Berduka Atas Tewasnya Dubes Rusia

"Pak Presiden dari Korea Selatan juga secara seksama terus memantau perkembangan Munaslub Golkar. Apa pun hasilnya ini adalah pilihan dari pemilik suara yang ada di Partai Golkar," jelas Pramono.

Putusan penting lain dari Munaslub ini, yaitu Golkar secara resmi keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP). Padahal Golkar adalah salah satu inisiator koalisi ini pasca kekalahan mereka di Pilpres 2014 saat mengusung duet capres-cawapres yakni Prabowo Subianto - Hatta Radjasa.

Golkar Minta Kadernya di Parlemen Lebih Kompeten

Meski demikian, pemerintah berharap besar bahwa hasil ini sebagai akhir dari konflik internal Golkar selama setahun belakangan ini akibat dualisme kepemimpinan.

"Mudah-mudahan ini menjadi akhir dari proses kontraksi atau tarik menarik yang cukup panjang, hampir setengah tahun di Partai Golkar," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya