DPR Dukung Bareskrim Ungkap Kartel Daging

Ilustrasi sapi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kenaikan harga daging di bulan Ramadan memunculkan spekulasi adanya kartel-kartel daging yang bermain harga. Aparat keamanan didesak untuk terus bertindak melawan kartel ini.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, mendukung kepolisian untuk memberantas kartel daging. Ia mendukung adanya Satgas Pengendalian Harga Bahan Pokok dan Makanan yang dibentuk Bareskrim Mabes Polri.

"Ya dukung dong, tuntaskan. Kalau ada yang salah ya berantas dengan hukum, sesuai undang-undang," kata Daniel di Senayan, Jakarta, Kamis 9 Juni 2016.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan Komisi IV punya semangat yang sama untuk memberantas kartel daging. Namun ia juga meminta pemerintah tidak menyalahkan kartel saja.

"Kepolisian, penegak hukum harus menyelidiki. Ya, tapi jangan semua dilempar ke mafia dan tidak ada tindakan. Artinya itu pembenaran diri (pemerintah). Bisa aja mafia enggak ada," ujar Daniel.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Sementara mengenai impor daging yang dilakukan oleh pemerintah, Daniel mengapresiasinya. Hanya saja ia juga kasihan melihat para peternak lokal yang seolah tidak diperhatikan oleh negara.

"Kasihan, pada saat harga anjlok negara enggak hadir. Pada saat harga tinggi, di saat peternak dapat berkah, eh malah dihajar impor," kata Daniel.

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Harga pangan terpantau masih mengalami kenaikan pada hari ini, Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024