Demokrat Fokus Bentuk Koalisi Hadapi Pilkada DKI

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan.
Sumber :
  • Viva.co.id/Fajar GM

VIVA.co.id – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan, Partai Demokrat lebih mengutamakan penjajakan untuk membangun koalisi partai politik dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang

Partai Demokrat memiliki 10 kursi di DPRD DKI, dan masih memerlukan 12 kursi sebagai syarat untuk mengusung kandidat gubernur. Partai Demokrat baru akan menyatakan sikapnya mendukung kandidat gubernur tertentu setelah Demokrat dipastikan bisa melakukan pengusungan dengan berkoalisi.

"Kami masih bekerja pada (pembentukan) koalisi partainya dulu. Setelah koalisi, baru orangnya (kandidat gubernur)," ujar Hinca di sela acara pelepasan mudik gratis Partai Demokrat di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu, 3 Juli 2016.

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

Hinca tidak menyampaikan partai yang akan diajak berkoalisi oleh Partai Demokrat. Partai Demokrat akan memaksimalkan waktu yang tersisa hingga pendaftaran pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) pada September 2016.

"Kami masih punya waktu sampai bulan September (untuk membangun koalisi)," ujar Hinca.

AHY Diskusi dan Konsultasi dengan SBY soal Situasi Politik setelah Putusan MK
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani

Gelora Tolak PKS Gabung KIM, Demokrat Serahkan pada Prabowo

Partai Demokrat menyerahkan urusan keanggotaan koalisi kepada Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih, merespons penolakan Partai Gelora jika PKS bergabung dengan KIM.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024