Jam 14.00 KPU Mulai Olah Putusan MA

VIVAnews – Hari ini, pukul 14.00, KPU memulai rapat pleno menyikapi putusan MA soal tata cara penghitungan perolehan kursi dan calon terpilih tahap kedua DPR dan DPRD.

“Kami kan sudah menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat. Kami kaji seluruhnya,” kata Endang Sulastri di kantor KPU.

Dia mengatakan seandainya hari ini keluar putusan KPU, kata dia, boleh jadi baru berupa tahapan-tahapan yang akan ditempuh komisi menyangkut putusan MA. Belum sebagai keputusan final.

Endang mengatakan KPU punya banyak alternatif untuk menanggapi putusan MA ini.

Alternatif yang dimaksud Endang sama seperti yang telah dikemukakan anggota KPU, I Gusti Putu Artha, yaitu putusan MA berlaku 90 hari sejak diucapkan hakim MA.

Artinya, sampai sekarang Peratuan KPU yang kemudian dibatalkan MA itu masih berlaku.

Alternatif lainnya diungkapkan anggota KPU, Andi Nurpati. Seandainya putusan MA itu berlaku tidak surut, maka penerapannya tidak akan merubah kursi Parlemen yang telah ditetapkan.

Sementara itu, sekarang ini juga sedang sibuk persiapan rapat untuk membedah materi gugatan pelaksanaan Pilpres yang ditempuh pasangan Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto dan Jusuf Kalla-Wiranto ke MK.

Rapat membedah materi itu diikuti oleh KPU Provinsi. Anggota KPU Provinsi sekarang ini mulai berdatangan ke KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat ini.

Mereka yang datang terutama dari 25 provinsi yang dituntut Mega dan JK untuk pemungutan suara Pilpres ulang.

Di depan kantor KPU pengamanan tetap diketatkan. Meski tidak seketat ketika rekapitulasi suara yang lalu, tiap tamu tetap diperiksa satu persatu.

Merayakan Hari Film Nasional 2024, Arif Brata Ajak Penonton ke Bioskop Menyaksikan Keluar Main 1994
Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Balapan MotoGP Spanyol akan kembali bergulir pada akhir pekan ini, sejak Jumat 26 April 2024. Para pembalap akan bertanding di sirkuit Jerez pada seri keempat musim ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024