Fraksi Golkar Segera Bahas Calon Kepala BIN Budi Gunawan

Wakil Kepala Polri, Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan. Budi tengah diusulkan menjadi kepala BIN menggantikan Sutiyoso.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Fraksi Partai Golkar di Komisi I DPR RI segera membahas surat Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pengajuan Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan sebagai kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Curahan Hati Sutiyoso di Sidang Kabinet Terakhirnya

"Kami akan membahas surat presiden di internal fraksi terlebih dahulu," kata anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar Zainuddin Amali saat dihubungi wartawan, Minggu, 4 September 2016.

Menurut Zainuddin, pihaknya juga akan meminta arahan dari Ketua Umum DPP Golkar dan masukan dari fraksi-fraksi lain, untuk bahan fit and proper test pergantian kepala BIN itu.

Besok, Presiden Kemungkinan Lantik Budi Gunawan

Sejauh ini, dia menjelaskan, Komisi I DPR RI menyambut baik pengajuan wakil kepala Polri tersebut menjadi kepala BIN. Dia yakin, presiden sudah mempertimbangkan secara matang penunjukkan Budi Gunawan menggantikan Sutiyoso. “Bagi kami keputusan presiden itu harus segera direspons, sehingga segera mendapatkan kepastian dan tak menjadi berita yang simpang siur di masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengajukan nama Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan sebagai calon kepala BIN yang baru. Budi akan menggantikan posisi Letnan Jenderal TNI (Purn) Sutiyoso.

Hendropriyono Akui Kepiawaian Budi Gunawan

Surat pengajuan itu diserahkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada ketua DPR, Jumat, 3 September 2016. Pratikno menyebutkan alasan pergantian BIN sebagai regenerasi di tubuh lembaga tersebut.

Kepala BIN Sutiyoso.

Sutiyoso Ungkap Kelemahan BIN

Sutiyoso sudah sampaikan ke calon penggantinya, Budi Gunawan.

img_title
VIVA.co.id
9 September 2016