Hendropriyono Akui Kepiawaian Budi Gunawan

Komjen Budi Gunawan saat menjalani uji kelayakan di Komisi I DPR.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Puspa Perwitasari.

VIVA.co.id – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono menganggap Komisaris Jenderal Budi Gunawan pantas dipercaya menjadi Kepala BIN. Sebelumnya, DPR telah menyetujui pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso.

Kepala BIN Ngurusi Esports, Demi Kepentingan Bangsa

Hendro menilai sosok Budi Gunawan pantas memimpin lembaga telik sandi negara tersebut. "Saya kira cocok memang, dengan situasi dan keadaannya," kata Hendro di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 8 September 2016.

Hendro menilai bahwa Budi Gunawan merupakan sosok yang cerdas. Hal tersebut menurut Hendro, diperlukan untuk memimpin lembaga intelijen. Kendati diakuinya jabatan Kepala BIN merupakan jabatan politis.

Dituduh Terima Suap Agar Tak Kritik Jokowi, HMI Akan Lapor Polisi

Lebih lanjut, Hendro menyakini Budi tidak akan menemui kendala dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala BIN. Kekhawatiran tersebut muncul lantaran Budi nantinya akan memimpin sebagian besar anggotanya yang justru dari TNI.

"Budi Gunawan itu piawai, administrator yang baik itu manajemen yang baik, dan manajemen yang baik saya kira leadership-nya baik. Saya kira enggak ada masalah," kata Hendro.

Kepala BIN: Takmir Masjid Garda Terdepan Tangkal Radikalisme

Paripurna DPR RI telah menyetujui pencalonan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso. Persetujuan DPR dilakukan setelah Budi Gunawan menjalani uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi I DPR RI pada 7 September 2016 dengan agenda penyampaian visi misi calon Kepala BIN, pandangan fraksi-fraksi dan pengambilan keputusan.

Komisi I DPR RI memutuskan Komjen Budi Gunawan patut dan layak menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala BIN. Hasil pembahasan itu dilaporkan dalam rapat paripurna DPR pada 8 September 2016 seraya mengharapkan agar rapat paripurna itu bisa memberikan persetujuan.

Mochamad Herviano Widyatama, Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP.

Putra Kepala BIN Jadi Ketum Sayap Pemuda PDIP, Begini Sosoknya

Putra kepala BIN Budi Gunawan yaitu Mochamad Herviano Widyatama terpilih sebagai ketua sayap PDIP, Banteng Muda Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2021