DPR Sarankan Presiden Segera Angkat Menteri ESDM Definitif

Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat, Agus Hermanto.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto menyarankan Presiden Jokowi segera mengangkat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara definitif. Sebab, Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman yang kini menjadi pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM sudah terbebani tugas yang berat.

Biaya Ngecas Kendaraan Listrik di RI Termurah di Dunia Setelah China

"Memang saat ini Presiden sudah menunjuk pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM, yakni Pak Luhut, tetapi kan beliau juga menjabat Menko Kemaritiman dan harus mengkoordinasi kementerian lain yang terkait kemaritiman," ujar Agus Hermanto di Gedung DPR RI Jakarta, pada Selasa 13 September 2016.

Apalagi kata Agus, ESDM merupakan pos kementerian yang penting. Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya energi dan mineral yang harus dikelola dengan baik.

Tarif Listrik Tegangan Rendah Turun, PLN: Silakan Nikmati

“Dengan pengangkatan Menteri ESDM definitif, diharapkan dapat memperbaiki tata kelola energi dan sumber daya mineral di Indonesia,” ujar Waketum Demokrat itu.

Mengapa? Sebab, saat ini hampir sebagian besar sumber daya energi dan mineral milik Indonesia justru banyak dikelola dan dinikmati oleh pihak asing.

DPR Setujui Pagu Indikatif Kemensos 2021 Sebesar Rp62,024 Triliun

Saat ditanya siapa sosok yang pantas menempati kursi Menteri ESDM, Agus mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden RI. Lalu, layakkah Arcandra Tahar kembali menduduki kursi Menteri ESDM? Agus menegaskan, sebaiknya diserahkan kepada aturan dan proses yang berlaku.

"Jadi jangan menebak-nebak, itu masih wacana dan yang namanya wacana kan tidak bisa dipastikan. Biar nanti sama-sama kita lihat dan semua tentu harus melalui aturan perundang-undangan yang berlaku," kata Agus.

Sebelumnya Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengaku sudah mendengar informasi yang berkembang di publik terkait kemungkinan mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar diangkat kembali menjadi menteri.

Namun, secara pribadi politisi PKS itu meyakini Presiden tidak akan mengambil risiko untuk memberi kembali kursi menteri kepada Arcandra. Ia meyakini bahwa Presiden akan menggunakan keahlian Arcandra untuk pos lain.

"Saya tidak yakin ya beliau akan menjadikan Pak Arcandra kembali jadi Menteri ESDM. Mungkin jadi Dirut Pertamina, staf khusus Presiden atau jabatan tertentu di BUMN tapi Menteri ESDM lagi saya enggak yakin," kata Hidayat. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya