Budayawan Betawi: Pemimpin Ibu Kota Tak Harus Berpengalaman

Ridwan Saidi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Budayawan Betawi, Ridwan Saidi berujar, pemimpin Jakarta tidak harus pernah punya pengalaman menjadi Gubernur di Ibu Kota. Alasannya, faktor tersebut bukanlah segalanya.

SBY Sindir Kejanggalan Pilkada DKI 2017

"Jokowi juga tidak pengalaman di Jakarta kok. Tahu-tahu di media massa dia jadi hebat, setelahnya malah jadi Presiden. Tidak semua calon itu harus jadi gubernur Jakarta," ujar Ridwan di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 1 Oktober 2016.

Ridwan belum bisa menilai siapakah pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang layak memimpin Jakarta selanjutnya. Sebab, belum ada parameter yang menunjukkan kualitas paslon yang sebenarnya, kecuali latar belakang masing-masing paslon.

Pilpres 2019 Diharapkan Tak Seperti Pilkada DKI, Marak Hoax

"Anies mantan menteri, rektor, kegiatannya di LSM, komunikasinya excellent. Sylviana mantan none Betawi, orangnya santun. Agus baru lihat di internet. Kalau Sandiaga dia pebisnis, pendidikannya oke, biarkan Jakarta yang memilih," ujar Ridwan.

Sebelumnya, Ridwan berharap, pada Pilkada 2017 nanti, lahir pemimpin Jakarta yang bisa membuat Ibu Kota menjadi tenang dan damai. Sebab kata dia, apa yang dilakukan pemimpin saat ini, justru sangat mengganggu, sering membuat gaduh, dan meresahkan warga Ibu Kota.

Ahmad Dhani Tersangka Ujaran Kebencian?

Karena itu, penting kata dia, pemimpin Jakarta selanjutnya bisa menciptakan kedamaian, ketenteraman masyarakat terlebih dahulu ketimbang pembangunan.

Meski demikian ia tidak ingin menghambat pembangunan yang ada. Karenanya, pembangunan boleh dilanjutkan dengan catatan tidak menimbulkan keributan.

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

SBY Sebut Kultur Politik Tanah Air Berubah Sejak Pilkada DKI 2017

"Saya berani mengatakan bahwa politik kita telah berubah."

img_title
VIVA.co.id
10 November 2018