DPR Uji Kepatutan Para Calon Duta Besar

Wakil Ketua Komisi I DPR, Tubagus Hasanuddin.
Sumber :
  • DPR.go.id

VIVA.co.id – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan dalam rangka seleksi calon duta besar RI pada Selasa, 13 Desember 2016.

Uji Kelayakan Calon Anggota LPSK 2024-2029 di Komisi III DPR RI, Ini 14 Nama Calonnya

Berdasarkan agenda, fit and proper test  atau uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan pukul 13.00 WIB, siang nanti. Pada hari ini, akan diuji 10 orang calon duta besar sedangkan 13 orang sisanya dijadwalkan pada besok, Rabu 14 Desember 2016.

"Ini sudah dari pemerintah, silakan diuji, sekarang 10 dulu. Pengumumannya besok malam," kata Wakil Ketua Komisi I, Tubagus Hasanuddin ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, 13 Desember 2016.

Jenderal Agus Subiyanto: Jangan Ragukan Netralitas TNI di Pemilu

Hasanuddin mengatakan, fit and proper test hanya bertujuan untuk memberikan rekomendasi layak atau tidak layak atau juga layak dengan catatan. Sementara persetujuan akhir tetap ada di tangan Presiden.

"Layak atau tidak layak, layak dengan catatan. Ya memberikan catatan saja," ujar Politikus PDIP ini.

Komisi I DPR Setuju Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Gantikan Yudo Margono

Namun Hasanuddin belum menyebutkan para calon yang akan diuji siang nanti. Sementara mengenai uji kepatutan tertutup atau tidak kata dia, akan diputuskan oleh Komisi I sebelum uji kepatutan dimulai.

"Kalau nanti keputusan rapat terbuka, ya terbuka saja," katanya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya