INDONESIA HARI INI

15-12-1955: Pemilu Konstituante

Soekarno, Pemilu 1955
Sumber :
  • Arsip Nasional

VIVA.co.id – Tanggal 15 Desember merupakan tanggal yang patut diingat dalam sejarah politik Indonesia. Hal tersebut berkaitan dengan Pemilu tahun 1955 yang diselenggarakan dengan dua tahap, yaitu pada tanggal 29 September 1955 untuk memilih anggota DPR. Tahap kedua adalah tanggal 15 Desember 1955 untuk memilih anggota Konstituante.

Profil Orang Tua Satria Mahathir Cogil, Ibu eks Model dan Ayah Mantan Jenderal Polisi

Selain pemilihan anggota DPR dan Konstituante, pada saat itu dilakukan pula pemilihan anggota DPRD. Namun pemilihan anggota DPRD baru dilakukan pada tahun 1957.

Pemilihan anggota DPR diketahui diikuti 29 partai politik dan individu. Sementara partai-partai politik di Tanah Air bermunculan, tak lain karena dorongan pembentukan partai politik yang dikeluarkan melalui Maklumat X oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta setelah kemerdekaan.

5 Fakta Kasus Pengeroyokan Satria Mahathir, Ternyata Anak Jenderal Polisi Bintang Dua

Disarikan dari berbagai sumber, Pemilu 1955 dikenal sebagai Pemilu yang paling demokratis di Indonesia. Sekitar 39 juta rakyat Indonesia pada saat itu memilih di bilik suara.

Pada pemilihan anggota Konstituante 15 Desember 1955, terpilih 520 orang anggota dari lebih 30 partai politik. Namun jatah Irian Barat pada saat itu yang memiliki enam kursi, tidak terisi.

Berduan dengan Istri Orang, Anggota DPRD Lampung Barat Diamankan Polisi

(mus)

Tangkapan layar suasana rapat paripurna Depok sepi

Puluhan Anggota DPRD Depok Bolos Rapat, Warganet: Ngejar Kursi Doang Tapi Ogah Kerja

Pemandangan miris terlihat di ruang rapat Gedung DPRD Depok siang tadi. Ruangan terlihat sepi padahal ada agenda rapat paripurna

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024