Bursa Calon Pimpinan DPR dari PDIP Mulai Ramai

Sidang Paripurna DPR RI
Sumber :

VIVA.co.id – Nama-nama wakil ketua DPR dan MPR dari PDI Perjuangan bermunculan seiring dengan proses revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). Sejumlah nama yang muncul di antaranya, Ahmad Basarah, Utut Adianto, dan TB Hasanudin.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Bendahara Fraksi PDIP, Alex Indra Lukman, mengatakan dari sejumlah nama di atas, Basarah memang pernah mencalonkan wakil ketua MPR.

"TB Hassanudin juga sudah senior dan pimpinan Komisi I. Lalu Utut juga Ketua Fraksi. Jadi nama-nama tadi memang figur-figur yang menurut kami pantas," kata Alex di gedung DPR, Jakarta, Kamis, 15 Desember 2016.

Utut Adianto Deg-degan Pidato Perdana di PKS, Sindir PDIP Tak Punya Aturan Pilih Ketua Umum

Meski nama-nama di atas dianggap layak menjadi wakil ketua DPR ataupun MPR, ia menjelaskan keputusan tetap ada di tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Belum ada sampai sekarang (nama pasti calon wakil ketua DPR dan MPR) karena itu keputusan partai, tentu ini keputusan Bu Megawati Soekarnoputri. Kami dalam melaksanakan tugas bahwa revisi UU MD3 ini sudah lama diperjuangkan demi asas keadilan," kata Alex.

Jenderal Agus Subiyanto Calon Panglima, Utut Adianto Pimpin Panja Netralitas TNI

"Partai punya kualifikasi. Tentu DPP dan Bu Ketua umum sudah melakukan kajian untuk menugaskan kader yang paling pantas menduduki kursi itu," kata Alex.

Terkait hal ini, Sekretaris Fraksi PDIP, Bambang Wuryanto mengatakan tak berani menyebutkan siapa saja calon wakil ketua DPR dan MPR. Tapi untuk kemungkinan yang ia pribadi memprediksi, Basarah berpeluang menempati wakil ketua MPR. Adapun untuk wakil ketua DPR dari PDIP, ia pribadi mengusulkan Utut Adianto.

"Tapi kami tidak bisa mengatakan pasti, ini kan ukuran pikiran kita. Probabilitas banyak. Kita sering luput menebak pikiran Bu Ketua Umum," kata Bambang. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya