Fadli Zon: Jangan Beli Barang Bekas

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri.

VIVA.co.id - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendukung upaya modernisasi dan revitalisasi alat utama sistem persenjataan (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia, menyusul kecelakaan pesawat Hercules baru-baru ini. Fadli prihatin masih adanya kecelakaan alat transportasi milik TNI.

Pesawat Tempur Militer Iran Menimpa Sekolah, Tewaskan 3 Orang

"Selain laut, udara juga penting, karena di wilayah-wilayah tertentu hanya bisa dijangkau hanya oleh udara, karena infrastruktur darat belum memungkinkan. Kita sangat dukung modernisasi dan Alutsista ini sesegera mungkin," kata Fadli ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 19 Desember 2016.

Politikus Partai Gerindra ini juga meminta, pemerintah mempertimbangkan pemakaian pesawat-pesawat bekas. Meskipun pesawat bekas itu telah mengalami modernisasi.

Enam Penumpang Diperkirakan Tewas Setelah Pesawat Rusia Jatuh

"Jadi sebaiknya kita jangan beli barang bekaslah. Saya kira kita bisa rencanakan dengan anggaran yang ada untuk membeli Alutsista yang terbaik," ujarnya menambahkan.

Karena itu, dia mendorong adanya evaluasi terhadap pesawat-pesawat yang berusia uzur. Fadli meminta, evaluasi ini dilakukan secara transparan, tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Keluarga Cerita Kiprah Kapten Mirza yang Pernah Ikut Operasi Militer

"Perlu ada evaluasi dari para ahli, jangan sampai ada korban kembali. Waktu Australia menghibahkan itu juga dalam rangka modernisasi Alutsista mereka. Jangan sampai mereka modernisasi, bekasnya dikasihkan ke kita. Saya kira ini juga tidak pantaslah." 

Sebelumnya, pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara dengan nomor pesawat A-1334 jatuh di Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Minggu pagi, 18 Desember 2016. Pesawat yang membawa 12 kru pesawat dan 1 penumpang dinas ini sebelumnya dalam misi perjalanan dari Timika menuju Wamena. Semua kru dan penumpang dinyatakan meninggal dunia.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya