Fadli Zon Kritik Keberhasilan Diplomasi Kuota Haji

Wakil Ketua DPR Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA.co.id – Kuota haji bagi Indonesia pada tahun ini mengalami peningkatan ketimbang tahun sebelumnya berkat keberhasilan diplomasi yang dibangun Indonesia dengan Arab Saudi. Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai pandangan pemerintah itu berlebihan.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

"Itu lebih kepada pemulihan kuota, seiring dengan hampir tuntasnya renovasi perluasan kompleks Masjidil Haram. Ini bukan prestasi luar biasa," kata Fadli dalam pesan tertulisnya Jumat 13 Januari 2017.

Politikus Partai Gerindra ini mengatakan, kebijakan serupa juga dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi kepada negara lain seperti India dan Qatar. Jika pun ada peningkatan kuota, menurut Fadli, angka 10 ribu masih kecil.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

"Jumlahnya baru mencapai 10 ribu. Tidak cukup signifikan. Antrean jemaah haji masih tetap panjang," ujar Fadli.

Fadli juga mengingatkan, Indonesia punya dana haji yang sangat besar. Dana itu diminta digunakan secara tepat, untuk meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji Indonesia.

Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal Piala Asia U-23, Shin Tae Yong Ciptakan Sejarah

"Jangan sampai dana haji digunakan untuk peruntukan yang tidak tepat termasuk mendanai infrastruktur. Dana tersebut adalah amanat umat kepada negara," kata Fadli.

Seperti diketahui, kuota haji untuk Indonesia di tahun 2017 bertambah dari 168.800 menjadi 221.000. Dengan demikian Indonesia mengalami kenaikan sebesar 52.200 jemaah.

Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024