Barnabas Suebu: Tommy Soeharto Belum Layak

VIVAnews - Salah seorang kader partai Golkar yang juga Gubernur Provinsi Papua Barnabas Suebu SH menandaskan, saat ini kandidat yang layak dan pantas memimpin Golkar 5 tahun ke depan hanya Aburizal Bakrie dan Surya Paloh. Sebab mereka berdua sudah lama dan berpengalaman menjadi pengurus Partai Golkar di tingkat nasional.

“Memang ada sejumlah calon, tapi yang pantas dan memenuhi syarat hanya Ical dan Surya, sedangkan calon-calon lain belum layak, apalagi Tommy Soeharto. Jadi, yang jelas hanya keduanya yang layak dan dipilih menjadi ketua umum sesuai dengan senioritasnya,’’ ujar Barnabas di Jayapura, Kamis 10 September 2009.

Menurut Barnabas, selain keduanya sudah berpengalaman menjadi pengurus Partai Golkar, keduanya juga memiliki visi dan misi yang jelas untuk membawa Golkar dari keterpurukannya di Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden tahun 2009. “Pemimpin Golkar ke depan harus memiliki visi dan misi yang jelas dalam membangun Golkar untuk kembali kepada kejayaannya,’’ katanya.

Lalu siapa di antara Aburizal dan Surya Paloh yang paling layak menakhodai Golkar periode 2009-2014? Barnabas enggan mengomentarinya. “Yang jelas hanya Ical dan Surya yang oke, tapi jangan tanya saya siapa lebih layak dari keduanya,’’ ujar Barnabas.

Ada empat kader Golkar yang saat ini mencorong namanya sebagai calon ketua umum Golkar. Selain Aburizal, Surya Paloh dan Tommy Soeharto, ada lagi Yuddy Chrisnandi. Tommy sendiri, Kamis kemarin, secara resmi mengusung visi dan misi untuk memimpin Golkar. Pemilihan ketua umum baru Golkar menggantikan Jusuf Kalla dilakukan dalam Musyawarah Nasional pada 4-7 Oktober 2009 di Riau.

Laporan Banjir Ambarita | Jayapura