Soal Angket DPR, Fadli Minta Semua Pihak Ikuti Aturan

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA.co.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon mengaku telah berkoordinasi dengan fraksinya, yakni Gerindra, terkait hak angket Komisi Pemberantasan Korupsi. Menurut Fadli, sikap Fraksi Partai Gerindra terkait hal ini sudah sangat tegas.

Soal Tersangka Baru e-KTP, KPK Siapkan 'Kejutan'

"Kami melihat bahwa semua yang menjadi catatan interupsi dan juga penolakan harus menjadi bagian dan fakta dalam rapur (rapat paripurna)," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat, 28 April 2017.

Terkait bagaimana langkah selanjutnya, Fadli hanya menjawab bahwa semua pihak harus mengikuti mekanisme yang ada. Dia juga mengakui hak angket adalah hak yang wajar dimiliki anggota.

DPR Versus KPK dan Persoalan Hukum yang Terabaikan

"Cuma mungkin harusnya bisa didalami lebih jauh bagaimana prosedur sebelum kita mengambil keputusan," ujar Fadli.

Setelah diputuskan menjadi hak angket, Panitia Khusus (Pansus) biasanya akan dibentuk untuk membahas persoalan dalam angket. Mengenai apakah Gerindra akan mengirimkan perwakilan ke Pansus, Fadli tidak bisa memastikan.

Ketua KPK Heran Pansus Angket DPR Melebar Tak Jelas

"Ya nantilah kita lihat dulu," kata Fadli.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, yang memimpin sidang memutuskan paripurna menyetujui angket e-KTP secara sepihak. Tindakan itu memicu sejumlah pihak melakukan aksi walk out. Mereka antara lain Partai Gerindra, PKB, dan Partai Demokrat. (ase)

Suasana sidang di Mahkamah Konstitusi.

Sidang Uji Keabsahan Hak Angket, DPR Tak Hadir

DPR tidak mengirim surat pemberitahuan resmi.

img_title
VIVA.co.id
11 Oktober 2017