Kelompok Alumni Aksi Deklarasikan Partai Syariah 212

Umat Islam ikut aksi 212
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Sejumlah orang yang mengaku sebagai alumni aksi 212 mendeklarasikan Partai Syariah 212. Deklarasi berlangsung di Gedung Djoeang 45 Jalam Menteng Raya Nomor 31, Jakarta Pusat Senin, 17 Juli 2017.

Panitia Klaim Tak Ada Orasi Politik di Reuni 212: Fokus Munajat dan Salawat

Partai ini dideklarasikan oleh 7 orang, di antaranya Asmah Ratu, Shidiq, Agung, Ummi Andi, Rulli Munasir, Hafidz, dan Ma'ruf Halimuddin. 

Ketua Panitia Pelaksana Deklrasi Partai Syariah 212, Maaruf Halimuddin, mengungkapkan pendirian Partai Syariah 212 ini dilatarbelakangi dorongan massa yang tergabung dalam gerakan 212. Massa ingin membentuk partai politik untuk memperjuangkan aspirasi umat muslim. 

Panitia Reuni 212 Tak Undang Anies Baswedan, Habib Rizieq Masih Pikir-pikir

"Jadi ini bukan bentuk ketidakpercayaan terhadap partai Islam yang ada. Tetapi karena partai Islam sudah tergerus, maka kami ingin menguatkan apa yang diinginan para mayoritas (umat muslim)," kata Halimuddin.

Meski partainya tergolong baru, menurut dia, anggota Partai Syariah 212 telah tersebar di 34 provinsi yang ada di Indonesia. Halimuddin mengungkapkan tujuan didirikannya Partai Syariah 212 murni untuk memperjuangkan aspirasi umat. Ia membantah, jika pendirian partai 212 dituding untuk mendirikan negara Islam.

Dikritik PBNU soal Politik Identitas, PA 212: NU Kemana-mana Bawa Gus Dur

Sampai saat ini belum ada ketua umum yang ditunjuk. "Kalau ketua umum, belum. Nanti kita koordinasikan dulu. Kita hanya baru meletakkan batu pertama," ujarnya.

Aksi 212 dipandang sebagai gerakan massal yang menuntut keadilan dalam kasus penodaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama, di silang Monas, 2 Desember 2016.  Gerakan itu menarik perhatian publik lantaran diikuti jutaan manusia dan dilakukan secara damai. (ren)

Habib Rizieq Shihab saat tiba di Petamburan, Jakarta.

Habib Rizieq Sempat Khawatir Hadir ke Reuni 212: Takut Ditangkap Lagi

Habib Rizieq Shihab mengaku sempat khawatir pembebasan bersyarat yang ia tengah jalani saat ini dicabut jika datang ke Reuni 212 di Masjid At Tin, TMII Jakarta Timur.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2022