Golkar Heran PAN 'Mencla-mencle' di Koalisi Pemerintah

Pimpinan Partai Amanat Nasional.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Partai Amanat Nasional diminta memperjelas posisinya saat ini dalam koalisi pemerintahan. Sikap PAN yang tak tegas dan sering berseberangan dengan kebijakan pemerintah – seperti yang ditunjukkan dalam rapat paripurna pengesahan Undang-Undang Pemilu di DPR pekan lalu – pasti akan merugikan.

Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN di Istana, Moeldoko ke Mana Tak Nongol?

Demikian menurut Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno. Dave heran dengan sikap PAN terkait perbedaan dengan koalisi parpol pemerintah dalam RUU Pemilu. Padahal, keinginan koalisi parpol pemerintah bukan ingin merugikan rakyat.

"Bukan masalah hangat atau tidak hangat, akan tetapi yang namanya koalisi harus tetap solid dalam membela semua kepentingan dan kebijakan pemerintah, kecuali kebijakannya menindas rakyat. Ini kan tidak. Mestinya harus ada ketegasan sikap dari masing-masing partai," kata Dave di gedung DPR, Jakarta, Senin, 24 Juli 2017.

Jokowi Lakukan Reshuffle, Ini Deretan Menteri Terbaru Kabinet Indonesia Maju

Ia menegaskan kalau memang tak mau membela pemerintah maka sudah waktunya berpikir di mana posisinya. Hal ini mengingat agenda pemerintah yang penting dan memerlukan kesolidan para parpol pendukung.

"Karena ke depan akan banyak lagi agenda pemerintah yang membutuhkan dukungan koalisi. Sebagai koalisi tentu kami tak ingin kehilangan anggota, kami justru ingin menambah utk memperkuat posisi. Tapi kalau sudah di dalam tapi masih bersikap di luar kebijakan pemerintah ya berarti bukan dalam koalisi," ujarnya.

Sah! Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR Usai Dilantik Jokowi

Ia mengatakan pasti akan merugikan setiap ada kebijakan yang lebih dianggap menguntungkan diri sendiri tapi tak membela kepentingan pemerintah. Sehingga memang tak jelas posisinya apakah di dalam atau di luar pemerintahan.

"Itu yang mungkin harus dipertimbangkan posisinya dimana," kata Dave. (ren)

Anggota DPR sekaligus Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera

AHY jadi Menteri ATR/BPN, Mardani PKS: Welcome to The Jungle

Presiden Jokowi lantik Ketum Partai Demokrat AHY jadi Menteri ATR/BPN.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024