Hanafi Rais Minta PAN-Jokowi Tidak Dipanas-panasi

Anggota Komisi I DPR Hanafi Rais.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Daru Waskita.

VIVA.co.id - Status Partai Amanat Nasional di koalisi partai pendukung pemerintah menjadi sorotan belakangan ini. Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais menyerahkan sepenuhnya nasib PAN di kabinet kepada Presiden Joko Widodo.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

"Apa pun keputusan tentang Partai Amanat Nasional, itu tentu Presiden yang punya kata final. Kita dalam posisi menyimak," kata Hanafi ketika ditemui di sela acara Milad MUI di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu malam, 26 Juli 2017.

Putra politikus senior PAN Amien Rais ini meminta semua elemen menghormati proses dari Presiden Jokowi. Dia meminta pihak-pihak lain tidak memanas-manasi PAN dengan Presiden.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Tidak perlu ciptakan kondisi yang serba tidak kondusif bagi Presiden. Saya perlu wanti-wanti pihak-pihak ini tidak perlu membangun atmosfer yang tidak kondusif bagi Presiden," ujar dia.

Wakil Ketua Komisi I DPR ini menegaskan partainya masih menjalin komunikasi yang baik dengan Jokowi. Dia meminta persoalan undang-mengundang dari Istana ini tidak dibesar-besarkan.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

"Saya kira terlalu simplistis kalau persoalan bangsa adalah lantas soal apakah diundang atau tidak diundang," kata Hanafi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan seluruh partai koalisi pendukung pemerintah diundang dalam pertemuan dengan dirinya di Istana Negara, pada Senin, 24 Juli 2017. Jokowi menegaskan, seluruh parpol koalisi diundang, meski ia tak mengetahui secara teknisnya.

"Ya diundang semua, tapi yang ngundang kan bukan saya," kata Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 27 Juli 2017.

Jokowi mengaku tidak tahu alasan PAN tidak hadir dalam pertemuan itu. Ia menduga kemungkinan bisa saja terkait dengan berbagai alasan seperti misalnya sudah diundang, namun PAN tak bisa hadir karena ada hambatan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya