Pilgub Jabar, Aa Gym Saingi Ridwan Kamil di Media Sosial

Ulama kondang Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri.

VIVA.co.id – Pemilihan Gubernur Jawa Barat akan digelar Juni 2018. Beberapa nama digadang-gadang akan diusung maju memimpin Tanah Pasundan. Namun, dari sejumlah figur, untuk sementara nama Ridwan Kamil dan ulama kondang Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym terpopuler dalam media sosial.

Pencalonan Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi: Jangankan Maju, Mundur Saja Siap

Hal ini diketahui dari riset perusahaan media intelligence berbasis di Australia, Isentia. Pilgub Jabar menjadi pembicaraan menarik di berbagai media sosial.

Country Manager Isentia, Luciana Budiman, mengatakan beberapa kandidat yang sering diberitakan media massa sebagai calon kuat gubernur Jawa Barat jadikan perbincangan netizen Indonesia selama beberapa bulan terakhir ini.

12 Adab di Hari Idul Fitri yang Perlu Dilakukan Umat Muslim

“Kami mencoba mengukur kandidat mana yang paling banyak dibicarakan selama tiga bulan. Dengan periode pantau 1 Mei hingga 30 Juli 2017,” kata Luciana di Yogyakarta, Senin 31 Juli 2017.

Menurut dia, Ridwan Kamil menempati posisi terbanyak yang dibicarakan oleh warga dunia maya Indonesia. Total pembicaraan mengenai Kang Emil, panggilan akrabnya, mencapai 47,095 buzz. Posisi kedua ditempati Aa Gym yang mencapai 12,533 pembicaraan.

Respon Aa Gym Usai Minimarket Dekat Masjid Daarut Tauhid Disegel Satpol PP

“Beberapa bulan terakhir ini, nama Aa Gym memang masuk bursa sebagai calon kuat gubernur Jawa Barat. Meskipun belum resmi diusung oleh partai politik mana pun, namun tidak bisa dipungkiri kalau banyak netizen yang memperbincangkan beliau sejak isu tentang pencalonannya sering diberitakan media,” ujarnya.

Kemudian, berikutnya ada nama Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf yang ternyata juga diperbincangkan netizen sebagai salah satu calon kandidat yang kuat. Jumlah buzz yang diraih Dede Yusuf mencapai 2,786 pembicaraan, di bawah Deddy Mizwar yang memperoleh 3,532 buzz.

“Bahkan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, juga banyak yang membicarakan. Kiprahnya selama dua periode memimpin Purwakarta membuatnya punya tiket dukungan moril dari masyarakat yang dipimpinnya. Setidaknya terdapat 11,262 pembicaraan mengenai beliau dari media sosial,” tutur Luciana.

Secara umum, share of voice (SOV) dari masing-masing kandidat dari yang paling tinggi adalah Ridwan Kamil (60.96%), disusul oleh Abdullah Gymnastiar (16.26%), lalu Dedi Mulyadi (14.59%), kemudian Deddy Mizwar (4.58%) dan terakhir Dede Yusuf (3.61%). (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya