Mantan Pangdam Diponegoro Terjun di Pilkada Jawa Tengah 2018

Ilustrasi-Simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Mayjend TNI Purnawirawan Sunidnyo, mantan Panglima Kodam IV Diponegoro mendaftarkan diri dalam proses seleksi calon gubernur dan wakil untuk Pilkada Jawa Tengah 2018 yang diselenggarakan oleh Partai Demokrasi Indonesia perjuangan (PDIP).

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

Sunindyo mengambil formulir untuk bakal calon wakil gubernur melalui utusannya. "Saya mewakili pak Sunindyo," ujar Agus Suryo Winarto, yang mewakili Sunindyo di kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Senin, 31 Juli 2017.

Agus mengaku, keinginan Sunindyo mendaftar sebagai calon wakil gubernur merupakan inisiatifnya sendiri. Ia bahkan mengaku siap mengikuti seluruh proses yang akan diselenggarakan PDIP.

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Ia mengatakan, selama ini Sunindyo memang telah aktif di sejumlah organisasi di Jawa Tengah. Warga asli Klaten ini juga telah memiliki kartu tanda anggota sebagai kader PDIP.

"Beliau mantan Panglima Kodam, pernah juga di Kasdam. Jadi beliau tahu teritori Jateng. Jadi beliau saya kira layak untuk tampil di Pilgub," ujar Agus.

Survei PPI: Popularitas Gibran Unggul di Pilgub Jateng, Faktor Anak Jokowi Cuma 8,1 Persen

Sementara itu, Wakil Sekretaris DPD PDIP Jawa Tengah Ahmad Ridwan menyebutkan sejauh ini telah ada 12 orang yang mengambil formulir seleksi calon peserta Pilkada Jawa Tengah 2018 di PDIP.

Para pendaftar berasal dari beragam latar belakang, mulai dari pensiunan TNI, kepala daerah aktif, mantan bupati, notaris, advokat, hingga pengurus partai. 

"Pendaftaran kita tutup tanggal 11 Agustus nanti. Perkiraannya lebih dari 15 orang. Setelah mereka resmi mendaftar, nanti akan kita cek dan wawancara lalu dikirimkan ke DPP PDIP untuk diambil keputusan," ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya