Bareskrim Polri akan Periksa Victor Laiskodat

Ketua DPP Partai Nasdem Victor Laiskodat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPR Victor Laiskodat akan segera diperiksa Badan Reserse Kriminal Polri atas laporan terkait pidato kontroversialnya. Pemeriksaan akan segera dilakukan menyesuaikan kondisi karena saat ini DPR masih masa reses.

Boasa Simanjuntak Ditangkap karena Sebarkan Ujaran Kebencian di TikTok

"Diminta keterangan. Tetapi kita tunggulah. Baru laporan masa diminta keterangan. Sementara kan masih reses juga," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 8 Agustus 2017.

Setyo mengatakan bahwa dia juga sudah menanyakan secara langsung ke Bareskrim terkait laporan itu. "Saya tadi baru dari Bareskrim. Saya tanya gimana (kasus Victor), katanya tetap dimintai keterangan," ujarnya.

Eks Peneliti BRIN AP Hasanuddin Divonis 1 Tahun Penjara Buntut Ujaran Kebencian ke Muhammadiyah

Dia menambahkan, sebagai anggota DPR, proses penanganan Victor tentunya berbeda. Hal itu dilakukan menyangkut hak imunitas anggota DPR. Terkait hal itu, penyidik Bareskrim Polri perlu melakukan permintaan keterangan terhadap Victor untuk memperjelas posisi dan konteksnya saat pidato di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Anggota DPR kan punya hak imunitas. Kita harus lihat saat apa dia menyampaikan pernyataan itu, terkait tugas dia sebagai anggota dewan atau tidak, itu saja. Jadi jangan langsung di frame ini hak imunitas, jadi langsung tidak diperiksa, enggaklah," ujarnya.

Gubernur NTT Victor Laiskodat Dikecam Usai Mengolok-olok Orang Miskin

Sebelumnya, tiga partai politik sudah melaporkan Victor Laiskodat terkait dugaan ujaran kebencian dan permusuhan ke Bareskrim Polri. Tiga parpol itu adalah Gerindra, PAN, PKS. Kemudian, ormas sayap Demokrat, Gerakan Pemuda Demokrat.

Victor dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian dan permusuhan terkait pidatonya di Nusa Tenggara Timur pada 1 Agustus lalu. Pidato Victor di Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut pun viral di dunia maya. Dalam video tersebut, Victor diduga menyebutkan ada empat partai yaitu Gerindra, Demokrat, PKS, dan PAN yang diduga mendukung adanya khilafah karena menolak Perppu Ormas. (ase)

Gubernur NTT yang juga politikus Nasdem, Victor Laiskodat.

Victor Laiskodat Lolos ke Senayan Usai Caleg Nasdem dengan Suara Terbanyak Mundur

Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) lolos menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029 usai peraih suara terbanyak dari Nasdem di dapil NTT II, Ratu Wulla Talu mengundurkan diri.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024