Usung Ridwan Kamil, PKB Tawarkan Kadernya Jadi Cawagub

Walikota Bandung Ridwan Kamil
Sumber :
  • Bandung.go.id

VIVA.co.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau Emil sebagai bakal cagub di Pilgub Jabar 2018. Mengusung Emil, PKB pun siap menawarkan kadernya untuk posisi bakal cawagub.

PKB: NKRI Bersyariah, Jangan di Negara Ini

Ketua Desk Pilkada PKB Daniel Johan mengatakan, ada beberapa kader internal yang ditawarkan sebagai pendamping Emil. "Posisi wakil akan kita bahas di dalam koalisi. Kalau PKB ajukan beberapa kadernya," kata Daniel kepada VIVA.co.id, Selasa, 12 September 2017.

Daniel menyebut, ada tiga nama kader PKB yang diajukan sebagai bakal cawagub pendamping Emil. Ketiga kader tersebut adalah Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda, Sekretaris Fraksi PKB di DPR PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, dan Anggota Dewan Syuro PKB Maman Imanulhaq.

Raih Suara Tertinggi di Depok, Caleg PKB Ini Malah Dipecat

"Kalau kami dari PKB ajukan Huda, Kang Maman, dan Kang Cucun," ujar Daniel.

Terkait koalisi, PKB saat ini berkomitmen dengan Nasdem mengusung Emil. Kemungkinan parpol lain bergabung, ia menekankan peluang tersebut masih terbuka lebar. Sejauh ini, komunikasi intens terus dilakukan dengan parpol lain.

Jawaban Diplomatis Cak Imin Soal Usulan Tetap Jadi Ketua Umum PKB

"PKB akan komunikasi dengan parpol lain untuk bergabung. Komitmen kebersamaan diperlukan untuk memenangkan kursi Jabar," tutur Wakil Ketua Komisi IV DPR tersebut.

Untuk diketahui, PKB menyusul Nasdem memberikan dukungan terhadap Emil. Meski demikian, syarat minimal kursi 20 kursi untuk mengusung pasangan calon belum terpenuhi karena kedua parpol baru mengumpulkan 12 kursi. Rinciannya yaitu Nasdem 5 kursi dan PKB ada 7 kursi. (mus)

Dok. PolItikus PKB Lukman Edy.

Lukman Edy Akui Tak Cocok dengan Konsep PKB Pasca-Muktamar

Lukman Edy tak bersedia membuat surat pernyataan menjadi pengurus.

img_title
VIVA.co.id
26 Agustus 2019