KPK: Yang Terjerat Korupsi Paling Banyak dari DPR

Kompleks Gedung MPR/DPR.
Sumber :

VIVA.co.id – Direktur Gratifikasi KPK, Giri Suprapdiono, mengungkapkan DPR menjadi lembaga terkorup hingga Juni 2017. Hal ini dinilai ada kaitannya dengan kecilnya biaya yang diberikan negara kepada partai.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

"Kajian dari KPK menemukan negara hanya memberikan 0,05 persen dari kebutuhan operasional partai," kata Giri dalam diskusi di kantor Perindo Jakarta, Jumat 15 September 2017.

Berdasarkan data KPK, hingga Juni 2017 tercatat sebanyak 78 orang kepala daerah, legislatif 134 orang, menteri 25 orang, duta besar 4 orang, gubernur Bank Indonesia 1 orang, hakim 14 orang terjerat kasus korupsi.

Komjak Soroti Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Emas di Kejaksaan

"Fenomena politik di Indonesia, survei yang dilakukan menempatkan DPR dan DPRD tiga besar yang melakukan korupsi," kata Giri.

Menurutnya, korupsi dilakukan sejak pengalokasian penganggaran. Bahkan sebelum anggaran diketok, sudah ada korupsi di sana. (ren)

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi
Sandra Dewi Hadir untuk Diperiksa Kejagung

Kabar Sandra Dewi Dicekal Kejagung, Pengacara Harvey Moeis Bilang Begini

Harris Arthur Hedar selaku kuasa hukum Harvey Moeis, menampik kalau Sandra Dewi dicekal Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus korupsi tata niaga timah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024