Foto Setya Novanto Sakit Jadi Pergunjingan Warganet

Setya Novanto saat terbaring lemah di rumah sakit.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA.co.id – Beredar foto Ketua DPR Setya Novanto terbaring sakit lemah. Foto ini tersebar di media sosial dan ramai menjadi pembicaraan warganet. Mengenakan kaus putih, Novanto tampak diopname dan dimonitor dengan alat perekam jantung elektrokardiogram, atau EKG.

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Dalam foto tersebut, Ketua Umum DPP Golkar itu juga mendapatkan alat bantu pernafasan dengan tangan kanan masih diinfus. Seorang perempuan yang mendampingi terlihat, diduga adalah Anggota Komisi III DPR Fraksi Golkar, Endang Srikarti Handayani.

Dia membenarkan foto tersebut, karena saat dirinya menjenguk Novanto di ruang ICCU Rumah Sakit Premier Jatinegara.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

"Iya itu beberapa hari yang lalu, waduh lupa, sebelum 1 Syuro ya," kata Endang, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu 27 September 2017.

Ia menjelaskan foto tersebut diambil setelah Novanto menjalankan operasi. Ia tak menyebutkan operasinya lebih detail. Saat itu kondisi Novanto sedang dalam keadaan tertidur.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Habis operasi itu di ICCU. Wah saya enggak ngerti mengenai medis. Ya mungkin habis operasi diwajibkan istirahat dan tidak boleh ngomong," jelas Endang.

Namun, foto tersebut justru mendapat cibiran dari netizen. Ada beberapa kejanggalan dalam foto tersebut. Salah satunya mesin EKG tak berjalan dengan gambar semestinya. Mengacu sakit jantung yang dialami Novanto, mestinya mesin EKG tak berjalan datar. Seperti cuitan ditulis pemilik akun @MANISPOLOS.  

“Si SetyaNovanto Lupa mencolokkan kabel listriknya..liat bulatan warna merah.... @KPK_RI tangkap belut senayan ini,” demikian kata akun @MANISPOLOS

Kemudian posisi berbaring Novanto juga mengundang keheranan. Begitupun kaus putih yang dikenakannya. Biasanya ruang khusus seperti ICU ada baju sterilisasi untuk pasien.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya